PENGARUH ORIENTASI FASHION TERHADAP PEMBELIAN KOMPULSIF (Survei pada Wanita Pengguna Muslim Fashion di Kota Jakarta)

Authors

  • Ajeng Wardani
  • Mohammad Iqbal
  • Lusy Deasyana Rahma Devita

Abstract

Jakarta is one of biggest metropolitan city  in Southeast Asia and as a central business distric especially fashion products. Hijab fashion giving contribution for Indonesia. Consumption hijab fashion in Indonesia is on fifth position according to Global Islamic Economy Report 2015-2016. Domestic consumption in Indonesia reached for 1,8 ton on 2017. Fashion Orientation in every women certainly different, it can be seen through the effect of Fashion Orientation on women’s hijab towards Compulsive Buying. The type of research used is explanatory research with quantitative approach. The sample used is as much as 152 respondents who are women using hijab in Jakarta. Sampling technique in this research is using insidental sampling. Data collection method in this research is by using questionnaires and data analysis is multiple linear analysis. The results of this research finds that Fashion Orientation as measured by Fashion Leadership, Fashion Interest, Importance of Being Well Dressed has a positive and significant, and Anti-Fashion attitude has a negative and significant towards Compulsive Buying.

Kеywords: Fashion Orientation, Compulsive Buying, Women’s Hijab in Jakarta.

ÐBSTRÐK

Jakarta meupakan salah satu wilayah metropolitan terbesar di Asia Tenggara dan juga sebagai pusat bisnis yang memiliki banyak pusat perbelanjaan terutama produk Fashion. Fashion hijab memberikan kontribusi bagi Indonesia. Indonesia merupakan Negara dengan tingkat konsumsi produk fashion hijab yang berada diposisi kelima menurut State of the Global Islamic Economy tahun 2015-2016. Nilai ekspor fashion muslim Indonesia diperkirakan berada di posisi ketiga terbesar setelah bangladesh. Konsumsi domestik fashion hijab di Indonesia mencapai 1,8 ton pada tahun 2017, namun pengaruh sebuah fashion dan pembelian kompulsif produk fashion pada diri seseorang tentu memiliki perbedaan, hal tersebut dapat dilihat sebuah pengaruh orientasi fashion pada diri wanita berhijab terhadap sebuah keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 152 orang responden yang merupakan wanita berhijab di kota Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Insidental sampling. Metode pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Fashion yang diukur menggunakan Fashion Leadership, Fashion Interest, Importance of Being Well Dressed memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan Anti-Fashion Attitude memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Pembelian Kompulsif.

Kаtа Kunci: Orientasi Fashion, Pembelian Kompulsif, Fashion Hijab kota Jakarta.

 

Downloads

Published

2018-12-06

Issue

Section

Articles