ANALISIS VALUE PROPOSITION DALAM MENCAPAI PRODUCT-MARKET FIT DI PASAR PERDAGANGAN DIGITAL INDONESIA (Studi pada Agen Tapp Market Indonesia di Kota Malang)

Authors

  • Mutiarani Nasyta Prastiwi
  • Wilopo Wilopo
  • Brillyanes Sanawiri

Abstract

Tapp Market is a mobile marketplace application that facilitates digital commerce with a cash payment system that provides services to bridge digital spending payments in cash through a third party called agent. In addition to being a place of payment, Tapp Market agent is also a key digital transaction cycle in Tapp Market applications because it has a function as a liaison between the end consumer with the provider of goods that sold in the application. The purpose of this research is to know what is the main value proposition of Tapp Market formed for Tapp Market agent, and how the value of proposition fit with demand of digital commerce agent in Indonesia. The type of this research is mix method with sequential exploratory type where the more dominant method is the qualitative data and then reinforced quantitative data result from the questionnaire. The analysis is done by mapping and fitting each aspect of the value proposition of Tapp Market using a value proposition canvas with qualitative methods and followed by ranking and processing quantitative data to find the main value proposition of Tapp Market.

Keywords: Tapp Market, digital commerce, value proposition, fit, sequential exploratory.

ÐBSTRÐK

Tapp Market adalah aplikasi mobile marketplace yang memfasilitasi perdagangan digital dengan sistem pembayaran tunai yang memberikan jasa untuk menjembatani pembayaran belanja digital secara tunai melalui pihak ketiga yang disebut agen Tapp Market. Selain menjadi tempat pembayaran, agen Tapp Market juga merupakan kunci siklus transaksi digital pada aplikasi Tapp Market karena memiliki fungsi sebagai penghubung antara konsumen akhir dengan penyedia barang yang dijual di aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja nilai proposisi dari Tapp Market yang dibentuk untuk agen Tapp Market, serta bagaimana nilai proposisi tersebut cocok (fit) dengan permintaan agen perdagangan digital Indonesia. Jenis penelitian ini adalah mix method atau metode campuran dengan jenis sekuensial eksploratoris dimana yang lebih dominan adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara dan dokumentasi lalu diperkuat data kuantitatif hasil dari kuesioner. Analisis dilakukan dengan memetakan dan mencocokan setiap aspek proposisi nilai dari Tapp Market menggunakan kanvas proposisi nilai dengan metode kualitatif dan dilanjutkan dengan merangking dan mengolah data kuantitatif untuk menemukan proposisi nilai utama dari Tapp Market.

Kаtа Kunci: Tapp Market, perdagangan digital, proposisi nilai, kecocokan proposisi nilai.


Downloads

Published

2018-11-13

Issue

Section

Articles