PENGARUH MOTIVASI EKSTERNAL TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DENGAN PENGALAMAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Banyuwangi)

Authors

  • Abiyasa Abiyasa
  • Edriana Pangestuti

Abstract

This study aims to determine and explain the effect of External Motivation on Tourist Loyalty with Tourist Experience as an intervening variable. This research is quantitative research with explanatory research type. The number of samples used are 97 respondents of domestic tourists who visit Banyuwangi by accidental sampling technique but must meet the conditions that have been determined. Data collection in this research using questionnaires and data in this research analyzed by descriptive analysis technique and path analysis. The measurement scale using Likert Scale and data in this research is processed using IBM SPSS Statistic 23 for Windows. The results of research indicate that External Motivation has a significant effect on the Tourist Experience in destination. Variablel External Motivation has no significant effect on Tourist Loyalty, and Tourists Experience has a significant effect on Tourist Loyalty. The direct influence of External Motivation on Tourist Loyalty is less than indirect influence when through the Tourist Experience as an intervening variable.

Keywords: External Motivation, Tourist Experience, Tourist Loyalty

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Pengalaman Wisatawan sebagai variabel intervening. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 97 responden wisatawan nusantara yang berkunjung ke Banyuwangi dengan teknik accidental sampling namun harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif serta analisis analisis jalur karena menggunakan variabel intervening. Skala pengukuran yang digunakan yaitu Skala Likert. Data hasil penelitian berdasarkan kuesioner diolah dengan bantuan program software komputer IBM SPSS Statistic 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel Motivasi Eksternal wisatawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Pengalaman Wisatawan. Variabel Motivasi Eksternal tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Wisatawan. Variabel Pengalaman Wisatawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan terhadap destinasi wisata. Pengaruh langsung Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan lebih kecil daripada pengaruh tidak langsung bila melalui Pengalaman Wisatawan sebagai variabel intervening.

Kata Kunci: Motivasi Eksternal, Pengalaman Wisatawan, Loyalitas Wisatawan

Downloads

Published

2018-11-07

Issue

Section

Articles