PENGARUH IKLAN “GOOGLE ADWORDS†TERHADAP PERILAKU SHARE KONSUMEN (Survei Pada Pendaftar Situs Kampungcourse.com)

Authors

  • Danang Pamungkas
  • Dahlan Fanani

Abstract

The aim of this study is (1) to know how the influence of Google Adwords ads towards the customer shared-behavior (for the registrants in Kampungcourse.com), (2) to know how the relation of Google Adwords ads towards the customer shared-behavior (for the registrants in Kampungcourse.com). The type of this study is descriptive by using quantitative approach. The analysis method used in this study is done through using simple linier regression statistic technique with purposive sampling technique, taking the sample of respondents who had registered and conducted transactions in Kampungcourse.com. According to regression test results, it shows that Google Adwords ads has positive influence towards the customer shared-behavior with the t value = 18,331 > t table = 1,977. Based on the correlation test, it can be concluded that Google Adwords ads has a strong relation to customer shared-behavior, as amount of 0,846. Meanwhile, in responding to the determination coefficient, it can be inferred that Google Adwords ads has significant effect on customer shared-behavior, at 71.5%. Finally, Google Adwords ads can be said to be successful in influencing the customers to do the share activities or sharing the given information gained from relatives or close friends.

Kеywords: Ads, Google AdWords, Customer Behavior, Share

ÐBSTRÐK

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana pengaruh antara iklan Google Adwords terhadap perilaku share Konsumen (Pendaftar Situs Kampungcourse.com), (2) Mengetahui bagaimana hubungan iklan Google Adwords dengan perilaku share konsumen (Pendaftar Situs  Kampungcourse.com). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis statistik regresi linier sederhana dengan metode teknik purposive sampling dengan pengambilan sampel terhadap responden yang pernah mendaftar dan melakukan transaksi pada Kampungcourse.com. Berdasarkan hasil uji regresi yang didapat bahwa iklan Google Adwords berpengaruh positif terhadap perilaku share konsumen dengan nilai t hitung = 18,331 > t tabel = 1,977. Berdasarkan uji korelasi dapat diambil kesimpulan bahwa iklan Google Adwords memiliki hubungan yang kuat terhadap  perilaku share konsumen, sebesar 0,846. Sedangkan, berdasarkan koefisien determinasi dapat diambil kesimpulan bahwa iklan Google Adwords memberikan pengaruh yang signifikan terhadap  perilaku share konsumen, sebesar 71,5%. Dengan demikian, iklan Google Adwords sudah berhasil mempengaruhi konsumen untuk melakukan share atau membagi informasi yang didapat kepada kerabat atau teman dekat.

Kаtа Kunci: Iklan, Google Adwords, Perilaku Konsumen, Share.

 

Downloads

Published

2018-09-21

Issue

Section

Articles