PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG MENGINAP DI VILA LOTUS BALI
Abstract
This research’s purpose is for explain and knowing the influence of the Relationship Marketing to Consumer Satisfaction partially as well as to know the indicator variable that dominant influence to consumer satisfaction who stay at Lotus Bali Villa. Trust, Commitment, Communication, Conflict Handling has an important role in Relationship Marketing to create Consumer Satisfaction so that’s why the researchers using the title “The Influence of Relationship Marketing To Consumer Satisfaction Who Stay At Lotus Bali Villa.†The method that used in this research is descriptive quantitative with one problem formulation, which is whether Relationship Marketing has a positive and significant to Consumer Satisfaction at Lotus Bali Villa. The Data sources obtained from online questionnaires and documentation. Sample population that used in this study were 18 yearold respondents. Sampling technique is using the purposive sampling, the sample that used in this study is 123 respondents. The result in this study that showed Relationship Marketing has a positive effect and significant to Consumer Satisfaction. Overall these respondent’s answers indicated that the indicator of the Relationship Marketing that has the greatest influence is Commitmen indicator.
Kеywords: Relationship Marketing, Consumer Satisfaction.
ÐBSTRÐK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Konsumen secara parsial serta untuk mengetahui indikator variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen yang menginap di Villa Lotus Bali. Trust (kepercayaan), Commitment (komitmen), Communication (komunikasi), Conflict Handling (penanganan konflik) memiliki peran penting dalam Relationship Marketing untuk menciptakan kepuasan konsumen sehingga peneliti mengangkat judul “Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Konsumen yang menginap di Villa Lotus Bali.†Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan satu rumusan masalah, yaitu Apakah Relationship Marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Villa Lotus Bali. Sumber data diperoleh dari kuesioner online dan dokumentasi. Populasi sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang berusia 18 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 123 orang responden. Berdasarkan hasil Uji T pada penelitian ini menunjukkan sig. T. (0,000 < 0,05) yang berarti Relationship Marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara keseluruhan jawaban-jawaban responden mengindikasikan bahwa indikator Relationship Marketing yang memiliki pengaruh paling besar ialah indikator Commitment (komitmen).
Kаtа Kunci: Relationship Marketing, Kepuasan Konsumen
Â