ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR UMKM KE KAWASAN ASIA TENGGARA DALAM MENGHADAPI KEBIJAKAN MEA (Studi Pada Kawasan Sentra Industri Tempe Dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang)

Authors

  • Adhinta Salsabiila
  • Supriono Supriono

Abstract

ASEAN Economic Community is a policy established by countries in ASEAN region in order to help the economy of ASEAN countries. In the AEC policy also includes the purpose to develop small medium enterprises in ASEAN region. One of the small medium enterprises that is located in Malang City is at Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan.The purpose of this study is (1) to know the impact of AEC policy on the market development of small medium enterprises at Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan to South East Asia, (2) to know the strategies used by the small medium enterprises in developing their market to South East Asia region. The result of this research are there is an impact from the AEC policy eventho it is a small impact. They also innovate in making new keripik tempe products that can be accepted by overseas consumers. With AEC policy that happens, sellers were applying some strategies in order to develop their markets abroad, especially South East  Asia, such as increasinf competitiveness and strategies to cempete in the world wide market.

Keyword: Strategy, Market Development, SME, AEC

ABSTRAK

Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan sebuah kebijakan yang dibentuk oleh negara – negara di ASEAN dalam rangka membantu perekonomian negara – negara ASEAN. Dalam kebijakan MEA tersebut juga dicantukan tujuan untuk mengembangkan UMKM di kawasan ASEAN. Salah satu UMKM yang berada di Kota Malang ialah di Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dampak kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) terhadap perkembangan pasar UMKM Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang di Asia Tenggara, (2) Untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh UMKM Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang dalam mengembangkan pasar mereka ke kawasan Asia Tenggara. Hasil dari penelitian ini ialah pelaku UMKM yang telah menjual produk keripik tempe mereka ke luar negeri merasakan adanya dampak dari terealisasinya kebijakan MEA walaupun dampak tersebut masih sangat sedikit serta berinovasi dalam membuat produk keripik tempe baru yang dapat diterima oleh konsumen luar negeri. Dengan adanya kebijakan MEA pelaku UMKM juga menerapkan beberapa strategi agar dapat mengembangkan pasar mereka ke luar negeri terutama Asia Tenggara seperti meningkatkan daya saing, dan strategi agar dapat bersaing di dalam pasar bebas.

Kata Kunci    : Strategi, Pengembangan Pasar, UMKM, MEA

 

Downloads

Published

2018-09-17

Issue

Section

Articles