PENGARUH CITY BRANDING “THE HEART OF EAST JAVA†PADA MINAT BERKUNJUNG DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei Pada Wisatawan Yang Berkunjung Ke Kabupaten Malang)

Authors

  • Dzaky Aldo Putra
  • Edriana Pangestuti

Abstract

This research aims to determine the impact of city branding on interest of visit, the impact of city branding on decision of visit, and the impact of visiting interest in visiting decisions. The research type is explanatory research with quantitative methods. The sample in this research were tourists who visited Malang Regency as many as 113 respondents obtained by using purposive sampling. Data Analysis techniques in this research using statistics, descriptive and path analysis. The results of this research indicated that the city branding has a significant effect on the interests and decision to visit. Interest of visit has a significant effect on the decision of visit. The results of this research also explained if the city branding has a greater impact on the decision to visit through of the interest of visit compared to the direct impact of city branding on the decision to visit.

Key Words: City Branding, Visiting Interest, Visiting Decision

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari city branding terhadap minat berkunjung, pengaruh city branding terhadap keputusan berkunjung, dan pengaruh minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang sebanyak 113 responden yang didapatkan dengan menggunakan penentuan sampel purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik, baik deskriptif maupun path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa city branding berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung. Minat berkunjung berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hasil penelitian ini juga menjelaskan jika city branding memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan berkunjung dengan melalui minat berkunjung dibandingkan pengaruh langsung city branding terhadap keputusan berkunjung.

Kata Kunci: City Branding, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung

Downloads

Published

2018-08-30

Issue

Section

Articles