WANITA, KECANTIKAN, DAN KONDISI FISIOLOGIS: DAMPAK SIKLUS MENSTRUASI TERHADAP PERBEDAAN PERILAKU KONSUMSI PRODUK KOSMETIK DEKORATIF (Survei Online pada Wanita Karir di 57 Perusahaan)

Authors

  • Irvan Faried Hidayatullah
  • Edriana Pangestuti
  • Aniesa Samira Bafadhal

Abstract

Women in particular have unique physiological conditions or only possessed by them, namely the menstrual cycle that occurs in each month. Previous research has proven that menstrual cycle effect the behavior of women consumption. The menstrual cycle is scientifically capable of influencing their desires, preferences, and behavior in consuming a product. This research aims to find out how women's consumption behavior differences on cosmetic products during their menstrual cycle, that is, between the time of fertile and non-fertile periods. The purpose of this research is to know the difference of Consumption Desire, Product Usage, and Money Spent for decorative cosmetic product between fertile and non-fertile period. The results showed that (1) no significant differences occurred in consumption desire, (2) there is a significant difference in the variable frequency of the use of the products, and (3) do not occur a significant variable use of money. In this study also found women spend more time to use make up and pay more attention to the quality of the makeup they use during fertile than non-fertile periods. So it can be said that true menstrual cycle has an impact on the change in consumer behaviour of women, especially in the cosmetic products.

Kеywords: Menstrual Cycle, Physiological Conditions, Women, Consumer Behaviour, Decorative Cosmetics.

ABSTRAK

Wanita secara khusus memiliki suatu kondisi fisiologis yang unik atau hanya dimiliki oleh mereka yaitu siklus menstruasi yang terjadi di setiap bulannya. Penelitian sejauh ini telah membuktikan bahwa siklus menstruasi memberikan efek pada perilaku konsumsi wanita. Siklus menstruasi tersebut secara ilmiah mampu memengaruhi hasrat, preferensi, dan perilaku mereka dalam mengkonsumsi suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan perilaku konsumsi wanita pada produk kosmetik selama siklus menstruasi mereka, yaitu antara masa subur dan masa non-subur. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan Consumption Desire, Product Usage, dan Money Spent untuk produk kosmetik dekoratif antara masa subur dan nonsubur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tidak terjadi perbedaan yang signifikan pada variasi keinginan (Consumption Desire), (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel frekuensi penggunaan produk (Product Usage), dan (3) tidak terjadi perbedaan yang signifikan pada variabel penggunaan uang (Money Spent). Dalam penelitian ini juga menemukan wanita menghabiskan waktu lebih lama untuk menggunakan make up dan lebih memperhatikan kualitas make up yang mereka gunakan pada masa subur dibandingkan pada masa nonsubur. Sehingga dapat dikatakan bahwa benar siklus menstruasi memiliki dampak terhadap perubahan perilaku konsumen wanita, khususnya pada produk kosmetik dekoratif.

Kata Kunci : Siklus Menstruasi, Kondisi Fisiologis, Wanita, Perilaku Konsumen, Kosmetik Dekoratif.


Downloads

Published

2018-05-11

Issue

Section

Articles