ANALISIS KEGIATAN PROMOSI PARIWISATA DI CAFE SAWAH DESA WISATA PUJONKIDUL

Authors

  • Christina Rimbun S L Sitanggang
  • Supriono Supriono

Abstract

Type of research used in this undergraduate thesis is descriptive research with qualitative approach. As the data collection method this research uses observation, interview and documentation. This reserach uses interactive data analysis model from Miles and Huberman with triangulation method to examine the data’s validity. The result of this research shows that in promotion the mantainer of Cafe Sawah has done a communication activity such as, setting the communication goal, designing message, identifying the target, choosing communication media, and also choosing the promotion tools. The promotion media that being used are brochure, website (blog), and radio. The promotion tools that being used are advertising, internet marketing, public relation, and personal selling. Implementation on promotion activity still not maximum if we see through the effeciency of the promotion tools and medias. The message that delivered was not enough to attract tourist especially on the message delivery used in the village’s instagram account.

Keywords: Promotion, Promotion Tools, Marketing Communication, Tourism Village

ÐBSTRÐK

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data interaktif model Miles dan Huberman serta keabsahan data yang menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dalam kegiatan promosi pihak pengelola Cafe Sawah melakukan proses kegiatan komunikasi seperti, mementukan tujuan komunikasi, merancang pesan, mengidentifikasi khalayak yang dituju, memilih saluran komunikasi (media), serta pemilihan alat-alat promosi. Media promosi yang digunakan pada kegiatan promosi yaitu brosur, website (blog), dan radio. Alat-alat promosi yang digunakan yaitu Advertising, Internet Marketing, Public Relation dan Personal Selling. Implementasi pada kegiatan Promosi masih belum maksimal apabila dilihat dari efektivitas alat-alat promosi serta media yang digunakan. Untuk pesan yang disampaikan juga masih belum cukup untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung khususnya pada penyampaian pesan yang digunakan di media sosial instagram desa tersebut.

Kаtа Kunci: Promosi, Alat-Alat Promosi, Komunikasi Pemasaran, Desa Wisata

Downloads

Published

2018-04-25

Issue

Section

Articles