PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi pada Pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling)
Abstract
Travel destinations today is being a public concern because of its benefits for the state and for every individual. Sustainability and success of tourism destinations don’t forget to be supported by a marketing mix to maintain the existence of tourism itself. Taman Rekreasi Sengkaling is one of the destinations that exist in Malang with a variety of rides and facilities available. In connection with the marketing mix, then the application of the marketing mix will be able to attract visitors to make a visit to Taman Rekreasi Sengkaling. This type of research is explanatory research with quantitative approach. The independent variables are Product (X1), Price (X2), Place (X3), Promotion (X4), People (X5), Process (X6), and Physical Evidence (X7) while the dependent variable is the Decision of Visiting (Y). Data analysis used descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Based on the multiple linear regression analysis showed that variables significantly influence marketing mix together and partially to the decision to visit. The test results showed a significant effect of the variable product, place, promotion, and physical evidence to be dominated by variable promotion. While other variables that place, people, and the process does not significantly influence the decision to visit.
Kеywords: Tourism Marketing, Marketing Mix, Mix Marketing Services, Purchasing Decisions, Decision of Visiting
ÐBSTRÐK
Destinasi wisata saat ini menjadi perhatian publik karena manfaatnya bagi negara dan tiap-tiap individu. Keberlangsungan dan keberhasilan tujuan pariwisata tidak lupa didukung oleh bauran pemasaran untuk mempertahankan eksistensi pariwisata itu sendiri. Taman Rekreasi Sengkaling merupakan salah satu destinasi yang berada di Malang dengan berbagai wahana dan fasilitas yang tersedia. Berkaitan dengan bauran pemasaran, maka penerapan bauran pemasaran jasa diharapkan mampu untuk menarik minat pengunjung dalam melakukan kunjungan ke Taman Rekreasi Sengkaling. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Product (X1), Price (X2), Place (X3), Promotion (X4), People (X5), Process (X6), dan Physical Evidence (X7) sedangkan variabel terikat adalah Keputusan Berkunjung (Y). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan variabel bauran pemasaran jasa berpengaruh signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan berkunjung. Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan dari variabel product, place, promotion, dan physical evidence dengan didominasi oleh variabel promotion. Sedangkan variabel lainnya yakni place, people, dan process tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung.
Kаtа Kunci: Pemasaran Pariwisata, Bauran Pemasaran, Bauran Pemasaran Jasa, Keputusan Pembelian, Keputusan Berkunjung