ANALISIS DAMPAK PELATIHAN KOMPETENSI HOSPITALITY DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada Hasanah Guest House Malang)

Authors

  • Dian Rahma Aulia
  • Ari Darmawan

Abstract

Hotel development in Malang city has been grown in the six years including a star hotel or even non star hotel. Hasanah Guest House is one of the PT. Turen Indah business branch which grown in hospitality industry in Malang city. Competence training can be one of the process to improve employee that can be better performance to keep company grow. This research uses descriptive qualitative method. The technique of data retrieval from key informant, observe, document and documentation. Data analysis use  four stage: data collect, data reduction, data display and conclusion. The result show that majority Hasanah Guest House employee doesn’t understand about hospitality competence at the first time work, because doesn’t have hospitality study background. New employee received training for three months to learn Procedure Operational Standart from on the job training such as employee rotation but Hasanah Guest House still not yet maximize off the job training method. Employee whose got training has been improved their work. Employee still missing when doing job but aid by other employee at the same shift to cover job lack. Perform marked by room occupancy marked good at Hasanah Buring  and Hasanah Soekarno Hatta, but still need employee perform improvement in Hasanah Sawojajar and Hasanah De’Sapphire.

Keywords : Competence, Training, Perfomance, and Hospitality

ABSTRAK

Perkembangan pembangunan hotel di kota Malang meningkat selama enam tahun terakhir baik di hotel berbintang maupun hotel non bintang. Hasanah Guest House adalah cabang bisnis dari PT. Turen Indah yang bergerak di bidang akomodasi yang berada di kota Malang. Pelatihan kompetensi menjadi salah satu proses pengembangan karyawan untuk memperbaiki kinerja karyawan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini memakai suatu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan diperoleh dari kunci informans, observasi, dokumen serta dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulandata, reduksii data, penyajian data dan penarikan suatu kesimpulan. Hasil analisis penelitian ditemukan  bahwa karyawan yang bekerja di Hasanah Guest House sebagian besar tidak menguasai kompetensi di bidang perhotelan pada awal bekerja karena sebagian karyawan tidak memiliki latar pendidikan di bidang perhotelan. Karyawan memerima pelatihan karyawan baru selama tiga bulan untuk mempelajari Standar Prosedur Operasional yang diterapkan. On the job training, berupa rotasi, namun Hasanah Guest House belum memaksimalkan metode on the job training. Karyawan yang telah menjalani pelatihan telah memperbaiki kinerjanya, tapi masih kurang teliti dalam menyelesaikan pekerjaan dan hal tersebut dibantu dengan kerja sama antar shift. Kinerja yang diniliai dari tingkat huniannya, karyawan pada Hasanah Buring dan Hasanah Soekarno Hatta telah baik, sedangkan pada Hasanah Sawojajar dan Hasanah De’Sapphire masih perlu ditingkatkan.

Kata Kunci: Kompetensi, Pelatihan, Kinerja, dan Hospitality

Downloads

Published

2018-03-29

Issue

Section

Articles