PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Survei pada Pengunjung Toko Buku UB Press, Kota Malang)

Authors

  • Romario Nimrod Manuarang
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

This type of research used explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 116 Visitors of Toko Buku UB Press, Malang. Data collection methods used questionnaire and interview. Data analysis techniques used in this research are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis by using multiple linear regression analysis. The results of this research indicate that Subjective Knowledge (X1), Objective Knowledge (X2), and Experience Knowledge (X3) are simultaneously have a significant effect on Customer Loyalty (Y) which can be seen from the significance value F (0,000) < α (0,05) and Adjusted R Square value is 0,508 or 50,8%. This means that 50,8% of Product Knowledge consisting of Subjective Knowledge (X1), Objective Knowledge (X2), and Experience Knowledge (X3) can affect Purchase Intention (Y). Partially, Subjective Knowledge (X1 influential but not significant on Purchase Intention (Y) with a significance value t (0,843) > α (0,05), Objective Knowledge (X2) significantly influential on Purchase Intention (Y) with a significance value t (0,000) < α (0,05), and Experience Knowledge (X3) significantly influential on Purchase Intention (Y) with a significance value t (0,005) < sig. α (0,05).

Kеywords: Product Knowledge, Subjective Knowledge, Objective Knowledge, Experience Knowledge, and Purchase Intention

ÐBSTRÐK

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 116 orang Pengunjung Toko Buku UB Press, Kota Malang.  Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Subjective Knowledge (X1), Objective Knowledge (X2), dan Experience Knowledge (X3) berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap Purchase Intention (Y) yang dapat dilihat dari nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05) dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,508 atau 50,8%. Hal ini menunjukkan bahwa Product Knowledge yang terdiri dari variabel Subjective Knowledge (X1), Objective Knowledge (X2), dan Experience Knowledge (X3) sebesar 50,8% dapat mempengaruhi Purchase Intention (Y). Secara parsial, Subjective Knowledge (X1) berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai sig. t (0,843) > sig. α (0,05), Objective Knowledge / Pengetahuan Obyektif (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai sig. t (0,000) < sig. α (0,05), dan Experience Knowledge (X3) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai sig. t (0,005) < sig. α (0,05).

Kаtа Kunci: Product Knowledge, Subjective Knowledge, Objective Knowledge, Experience Knowledge, dan Purchase Intention

 


Downloads

Published

2018-02-27

Issue

Section

Articles