PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN (Studi pada Kuliner Kafe kota Malang)

Authors

  • Erni Jayaningrum
  • Brillyanеs Sanawiri

Abstract

This research aims to determine and explain: (1) determine of market orientation on competitive advantage: (2) determine of Innovation on Competitive Advantage: (3) determine of Orientation of Entrepreneurship on Competitive Advantage: (4) determine of Market Orientation on Marketing Performance: Determine of Innovation on Marketing Performance: (6) determine Entrepreneurship Orientation on Marketing Performance: (7) determine Competitive Advantage on Marketing Performance.This study was held on culinary cafe Malang City. Using explanatory research with quantitative approach. The variable are (X1), Innovation (X2), Entrepreneurship Orientation (X3). Dependent variable of this research is Competitive Advantage (Z) and Marketing Performance (Y). The whole variables are measured using Likert Scale.The amount of samples that have been used in this study are 41 respendents is owner and manager owner and manager of culinary cafe in Malang city. The data that used in this study was primary data and secondary data. Primary data obtained from the questionnaire distribution, while secondary data obtained from the Institute related to this topic and research. Instrument test was using validity test and reliability test.

Kеywords: Entrepreneurship Orientation, Innovation, Market Orientation,Competitive Advantages, Marketing Performance

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing: (2) pengaruh Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing: (3) pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing: (4) pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran: (5) pengaruh Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran: (6) pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran: (7) pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran.Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian dilakukan pada kuliner kafe Kota Malang. Variabel yang digunakan terdiri dari: Orientasi Pasar (X1), Inovasi (X2), Orientasi Kewirausahaan (X3). Dependent variable dari penelitian ini adalah Keunggulan Bersaing (Z) dan Kinerja Pemasaran (Y). Seluruh variabel yanga diukur dengan menggunakan skala Likert.Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 41 orang responden yaitu pemilik dan pengelola kuliner kafe Kota Malang yang terdaftar pada Badan Pelayanan Pajak Daerah kota Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapat dari hasil penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari Lembaga yang terkait dengan topik dan penelitian ini. Pengujian instrument dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.

Kаtа Kunci: Kompеntеnsi, Motivasi, Kinеrja.

Downloads

Published

2018-01-24

Issue

Section

Articles