STRATEGI BERSAING: SUATU KAJIAN PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi pada PT. Ongkowidjojo, Malang)
Abstract
Dunia bisnis dewasa ini jauh berbeda dan lebih kompleks. Strategi bersaing dan kebijakan diterapkan secara bersinergi oleh perusahaan untuk mencapai hasil atas tujuan yang ditetapkan. Strategi bersaing ini bertujuan agar dapat melihat secara objektif kondisi-kondisi internal dan eksternal perusahaan dalam memperoleh keunggulan di bidangnya yang merupakan alat untuk mencapai tujuan jangka panjang dan terus menerus. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di pabrik rokok PT. Ongkowidjojo, Malang. Penelitian ini difokuskan pada lingkungan perusahaan (baik internal maupun eksternal) dan strategi bersaing PT. Ongkowidjojo, Malang dengan menggunakan analisis Struktur Industri, External Factor Analysis Summary (EFAS), Internal Factor Analysis Summary (IFAS), analisis SWOT, analisis Matrik Internal Eksternal, dan analisis Matrik Grand Strategy. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah PT. Ongkowidjojo, Malang menerapkan strategi bertahan dengan strategi biaya rendah dalam kebijakan bersaingnya, yang berkonsentrasi pada perbaikan sumber daya dan penyempurnaan produk, serta mempertahankan citra dari produk yang menjadikannya basis pemasaran yang lekat dan kuat di kawasan Madura dibandingkan dengan produk-produk lain.
Kata kunci : Strategi Bersaing, Pemasaran.
Â
Abstract
The business world today is much different and more complex. Competitive strategy and policy applied as well as the synergy of the company determines the achievement of results. Competitive strategy is intended to be viewed objectively internal conditions and external companies gain an edge in their field which is a means to achieve long-term goals and continuously. This type of research is descriptive qualitative. Research sites in the cigarette factory PT. Ongkowidjojo, Malang. This study focused on the corporate environment (both internal and external) and the competitive strategy of PT. Ongkowidjojo, Malang by using analysis of industry structure, External Factor Analysis Summary (EFAS), Internal Factor Analysis Summary (IFAS), SWOT analysis, analysis of Internal External Matrix, and Grand Strategy Matrix analysis. The results of the research conducted is PT. Ongkowidjojo, Malang implement survival strategies with a low cost strategy in competing policies, which concentrate on the improvement of resources and improvement of products, as well as to maintain the image of the product that makes the marketing base and strong inherent in the Madura region as compared to other products
Keywords : Competitive Strategy, Marketing.