PROGRAM PRODUCT KNOWLEDGE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN dan PENGARUHNYA TERHADAP PENJUALAN (Studi Kasus Produk S-tee PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah Jawa Timur)
Abstract
This research was aimed to describe about product knowledge in PT. Sinar Sosro KPW Jawa Timur to promote S-tee. The companies competes competitively in marketing their products. Companies compete in terms of price, product packaging, product promotion, and others. In offering products to consumers, competing companies have marketing strategies. This strategy can be successful if there is a program that is realized by the company. The program will serve to achieve the company's goals. One of the marketing programs used to introduce the company's product is product knowledge. This program is an important part that should be communicated by marketers in providing product information offered to their customers. In this research, product knowledge program can be influenced by public relations activities, advertising, and personal selling by salespeople. Product knowledge S-tee is implemented to increase sales that had decreased for the packaging of 318 ml glass bottles. This research use descirptive kualitative method. The sample collected by indepth interview with five key informan. They are Marketing Support Manager, Marketing Support Staff, Retail Bussiness Development (RBD) Staff, and Sales Representative.
Keywords: Marketing Strategy, Product Knowledge, Public Relations, Advertising, and Personal Selling by Salesman.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan program product knowledge yang dilakukan PT. Sinar Sosro KPW Jawa Timur untuk memperkenalkan produk S-tee ke konsumennya. Perusahaan bersaing secara kompetitif dalam memasarkan produknya. Perusahaan bersaing dari segi harga, kemasan produk, promosi produk, dan lain-lain. Dalam menawarkan produk kepada konsumen, perusahaan yang bersaing memiliki strategi pemasaran. Strategi ini dapat berhasil jika ada program yang direalisasikan oleh perusahaan. Program tersebut yang akan berfungsi untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu program pemasaran yang digunakan untuk memperkenalkan produk perusahaan adalah product knowledge. Program ini adalah bagian penting yang harus dikomunikasikan oleh pemasar dalam memberikan informasi produk yang ditawarkan kepada konsumennya. Dalam penelitian ini, program product knowledge dapat diberikan melalui kegiatan public relations, periklanan, dan personal selling oleh tenaga penjual. Product knowledge S-tee dilaksanakan untuk meningkatkan penjualan yang sempat menurun untuk kemasan botol kaca 318 ml. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam dengan lima informan kunci yaitu Manajer Marketing Support, Staf Marketing Support, Staf Retail Bussiness Development (RBD), dan Sales Representative.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Product Knowledge, Public Relations, Periklanan, dan Personal Selling Oleh Tenaga Penjual.