PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP WORD OF MOUTH DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015-2015/2016 Pembeli Handphone Samsung Galaxy)

Authors

  • Mohammad Alfa Hasyim
  • Achmad Fauzi
  • Dahlan Fanani

Abstract

The purpose of this study to analyze and explain: the influence of Brand Image on Word of Mouth; the influence of Word of Mouth on the Purchase Decision; the influence of Brand Image on buying decision.This research applies the explanatory research with quantitative approach. The sample was used for this research are 82 respondents from  students of the Faculty of Administrative Science Department of Business Administration Forces in 2014 / 2015-2015 / 2016 Mobile Samsung Galaxy users which closed by purposive sampling method. The data collection that used in this research is Survey. The result is analyzed by descriptive analysis and path analysis. The result of this research showed that: Brand Image (X) has significant and positive influence on the Word of Mouth (Y1), Word of Mouth (Y1) significant and positive influence on the purchase decision (Y2), and  Brand image (X) significant and positive influence either directly or indirectly through the Word of Mouth (Y1). This research implicates Samsung Electronics should be able to maintain a strong, positive impression of the brand, as it can provide benefits for the company when the brand is still good in the eyes of consumers.

Kеywords: Brand Image, Word of Mouth, and  Purchase Decision

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: pengaruh Citra Merek terhadap Word of Mouth; pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian; Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 82 orang responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015-2015/2016 pengguna Handphone Samsung Galaxy dengan menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Citra Merek (X) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Word of Mouth (Y1), Word of Mouth (Y1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y2), dan  Citra Merek (X) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y2) baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Word of Mouth (Y1). Sehingga, Samsung Elektronik harus dapat menjaga kesan yang positif dan kuat terhadap mereknya, karena dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan apabila merek tersebut tetap baik di mata konsumennya.

Kata Kunci: Citra Merek, Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2017-02-27

Issue

Section

Articles