ANALISIS SWOT PADA UMKM KERIPIK TEMPE AMEL MALANG DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN
Abstract
This research was conducted based on the growing member of similar industry of “Amel†Tempe Chips which makes intense competition. Therefore, required right strategies to increase product competitiveness of “Amel†Tempe Chips. This research include Qualitative Descriptive research, which focused on SWOT analysis to help “Amel†Tempe Chip’s owner to increase the company competitiveness so the company capable to compete with other company which has a same type product. The data collection which used in this research was interview method, observation method, and documentation. This research used data analysis with interactive model which developed by Miles and Huberman. Measurement of the data validity, researcher used a source triangulation. Based on analysis result which used IFAS-EFAS matrix, TOWS matrix, and SWOT Cartesius Diagram, obtained a strategy which located at IV quadrant which means it is an ST strategy that used strength factors to resolve threat factors. The implementation of this strategy is increase the quality of “Amel†Tempe Chips product so that makes “Amel†Tempe Chips company capable to compete with other company which has same type product and also do a product innovations so that “Amel†Tempe Chips product has a different excellence of tempe chips from other companies.
Keywords: SWOT analysis, Micro Enterprise, IFAS matrix, EFAS matrix, TOWS matrix, SWOT cartesius diagram, “Amel†Tempe Chips.
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan berdasarkan banyaknya industri yang serupa dengan Keripik Tempe “Amel†sehingga menyebabkan persaingan yang ketat. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi-strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing produk Keripik Tempe “Amelâ€. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif, yang memfokuskan pada Analisis SWOT untuk membantu pemilik Keripik Tempe “Amel†dalam meningkatkan daya saing UMKM-nya agar mampu bersaing dengan UMKM lain yang sejenis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data dan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Pengukuran keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis yang menggunakan matriks IFAS-EFAS, matriks TOWS dan Diagram Kartesius SWOT, strategi yang di dapat yakni strategi yang berada pada kuadran IV yaitu strategi ST yang merupakan strategi yang memanfaatkan faktor kekuatan (Strength) untuk mengatasi faktor ancaman (Threat). Implementasinya adalah meningkatkan kualitas produk Keripik Tempe“Amelâ€sehingga dapat bersaing dengan keripik tempe lain serta melakukan inovasi produk sehingga mempunyai keunggulan yang berbeda dari keripik tempe lain.
Kata kunci: analisis SWOT, UMKM, matriks IFAS, matriks EFAS, matriks TOWS, diagram kartesius, keripik tempe “Amelâ€