PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survai pada Mahasiswa yang Mengkonsumsi Teh Botol Sosro Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Authors

  • Riska Oktavita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh simultan maupun parsial antara Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian (Survai pada Mahasiswa yang Mengkonsumsi Teh Botol Sosro Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Penelitian ini menggunakan metode penelitian explanatory research dengan pendekatan. Variabel penelitian tersebut adalah Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Distribusi (X4) sebagai variabel-variabel yang mempengaruhi dan variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel yang dipengaruhi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS version 17,0 for Windows.

Hasil yang didapat adalah nilai F_hitung yaitu sebesar 27,459 dan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang berarti bahwa secara simultan variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Distribusi (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y). Nilai R square yang menunjukkan sebesar 0,500 atau 50,0% yang artinya bahwa keempat variabel memberikan kontribusi sebesar 50,0% terhadap Struktur Keputusan Pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Nilai R yaitu sebesar 0,707 menunjukkan bahwa variabel Bauran Pemasaran  memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan variabel Keputusan Pembelian. Secara parsial variabel Produk, Harga, Promosi, Distribusi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian

This study aimed to clarify the effect of simultaneous or partial between Marketing Mix Decision to Purchase (Survey on Students Taking Tea Bottle Sosro Force Department of Business Administration 2012/2013 Faculty of Administration UB). This study uses explanatory research approach. The research variables are product (X1), price (X2), Promotion (X3), Distribution (X4) as variables and the variables that affect the structure of the purchase decision (Y) as a variable that is affected. Data collection methods used were interviews and distributing questionnaires. Analysis of the data used is multiple linear regression analysis with the help of software SPSS version 17.0 for Windows.

 

The result is a value that is equal to 27.459 and F_hitung probability value of 0.000, which means that the variables simultaneously Products (X1), price (X2), Promotion (X3), Distribution (X4) has a significant influence on the purchase decision structure variable (Y ). R-square value of 0.500 indicating or 50.0%, which means that the four variables accounted for 50.0% of the Purchase Decision Structures and the rest influenced by other variables beyond the variables studied. R is equal to the value of 0.707 indicates that the marketing mix variables have a strong relationship with the closeness of the purchase decision variables. In partial Product, Price, Promotion,Distribution has a significant influence on the structure of the purchase decision.

Keywords: Marketing Mix and Purchase Decision

Downloads

Published

2013-07-08

Issue

Section

Articles