PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PAKET DATA KAMPUS DALAM PERSAINGAN DI BIDANG PAKET DATA INTERNET (Studi Kasus pada PT. Telkomsel Cabang Malang)
Abstract
The purpose of this research is to find out and to analyze internal and external environment factors that influence in determining the company’s strategy, in this case PT. Telkomsel Malang Branch, also to find out and explain marketing strategy used by PT. Telkomsel Malang Branch to achieve competitive advantage. The type of research used in this study is descriptive research method, focusing on corporate environment consisting of internal and external environment. Data analysis method used in this research are External Factor Evaluation matrix (EFE), Internal Factor Evaluation matrix (IFE), SWOT matrix, Internal External (IE) matrix, and QSPM matrix. The results of the analysis EFE matrix produce values 2,59 and analysis IFE matrix 3,56. According to analysis position company IE matrix is in cell IV, namely grow and build. The result from this research shows the appropriate strategy for PT. Telkomsel Malang Branch is intensive strategy, which consisting of market penetration, market development, and product development. This strategy seek to to expand their market share region and directing existing resource to achieve bigger objective and gain.
Keywords:Â planning marketing strategies, competition
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal terhadap PT. Telkomsel Cabang Malang, serta untuk mengetahui dan menjelaskan perencanaan strategi pemasaran paket data kampus PT. Telkomsel Cabang Malang dalam persaingan di bidang paket data internet. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan fokus penelitian lingkungan perusahaan yang terdiri dari lingkungan internal dan eksternal. Metode analisis data dengan menggunakan matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks SWOT, matriks Internal External (IE), dan matriks QSPM. Hasil analisis matriks EFE menghasilkan nilai 2,59 dan analisis matriks IFE 3,56. Posisi perusahaan menurut analisis matriks IE berada pada sel IV, yakni tumbuh dan membangun. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang sesuai untuk PT. Telkomsel Cabang Malang adalah strategi intensif yang terdiri dari penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Strategi ini berupaya untuk memperluas wilayah pangsa pasar dan mengarahkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang lebih besar dan menguntungkan.
Kata kunci: perencanaan strategi pemasaran, persaingan
Â