PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan Menggunakan Ponsel iPhone)

Authors

  • Nurul Fuadiyah
  • . Suharyono
  • Kadarisman Hidayat

Abstract

This research aims to examine the effect mutual and partial variable Utilitarian Value and Hedonic Value on Buying Decision, as well as to determine the dominant variable in influencing buying decisions. The type of research used in this research is explanatory research with quantitative approach. The population in this research is S1 Faculty of Administration’s Student Brawijaya University Malang who buy and use iPhone with samples of 113 people respondent. The sampling technique using accidental sampling. Technique of data analysis used in this research is regression analysis.The conclusions obtained from this research is Utilitarian Value and Hedonic Value has significant influence mutually and partially on buying decision. Hedonic value  is the dominant factor which influence Buying Decision.

Keywords: Utilitarian Values, Hedonic Values, and Buying Decision

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonik terhadap Keputusan Pembelian, serta untuk mengetahui variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory atau penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas IlmuAdministrasi Universitas Brawijaya Malang yang membeli dan menggunakan iPhone dengan sampel sebanyak 113 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah variabel Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonik memiliki pengaruh signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Nilai Hedonik merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian.

Kata kunci: Nilai Utilitarian, Nilai Hedonik, dan Keputusan Pembelian


Downloads

Published

2016-07-28

Issue

Section

Articles