PENGARUH ATRIBUT DAN POSITIONING PRODUK TERHADAP CITRA MEREK (Survei pada Pemilik Mobil Daihatsu Xenia di Kota Malang)

Authors

  • Radito Ibam Suseno
  • Edy Yulianto
  • Yusri Abdillah

Abstract

This research aims to examine the influence of Product Attributes and Positioning on Brand Image, and this also tests which independent variable has a dominant influence on Brand Image. This research is an explanatory research using quantitative approach. Samples taken as many as 100 respondents those the owners of Daihatsu Xenia brand car in Malang. The method used for collecting data in this research is the communication method with the use of questionnaire as the data instrument. This research uses a descriptive and regression linear analyses. Sampling technique used is purposive sampling. The result shows that there is a significant influence of Product Attributes and Positioning on Brand Image. This study also indicates that Product Attributes has a dominant influence on Brand Image.

Keyword: Product Attributes, Positioning, Brand Image.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Atribut Produk dan Positioning secara bersama-sama dan parsial terhadap Citra Merek, dan variabel independen yang berpengaruh dominan terhadap Citra Merek. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden yang merupakan pemilik mobil Daihatsu Xenia di kota Malang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen data kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan perhitungan analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa terdapat pengaruh Atribut Produk dan Positioning yang signifikan baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap Citra Merek. Hasil lain dari analisis regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Atribut Produk memiliki pengaruh dominan terhadap Citra Merek.

Kata Kunci: Atribut Produk, Positioning, Citra Merek.


Downloads

Published

2016-06-27

Issue

Section

Articles