PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pelanggan Monopoli Resto & Cafe Jalan Merbabu Kota Malang)
Abstract
Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pelanggan Monopoli Resto & Cafe Jalan Merbabu Kota Malang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama- sama dan parsial variabel-variabel dalam Atribut Produk yang terdiri atas Fisik Produk (X1), Produk Psikologis (X2), dan Produk Pelayanan Pelanggan (X3) terhadap Pembelian Produk (Y). Serta untuk mengetahui Atribut Produk yang memiliki pengaruh yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan ketiga variabel Atribut Produk berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Produk. Nilai probabilitas 0,000 (sig < 0,05) dengan nilai Adjusted R Sequare sebesar 0,496 yang artinya Atribut Produk berpengaruh pada Pembelian Produk  sebesar 49,6%, sisanya sebesar 50,4% Dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian. Secara parsial variabel Fisik Produk berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Produk dengan nilai thitung 3,294 > ttabel 1,985 dan probabilitas 0,001 (sig < 0,05). Variabel Produk Psikologis berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Produk  dengan nilai t hitung 2,368 > t tabel 1,985 dan probabilitas 0,020 (sig < 0,05). Variabel Produk Pelayanan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Produk dengan nilai t hitung 3,807 > t tabel 1,985 dan probabilitas 0,000 (sig < 0,05), dan variabel produk pelayanan pelanggan memiliki pengaruh dominan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,451.
Â
Kata kunci: Atribut Produk, Keputusan Pembelian, Restoran