ANALISA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME EKSPOR (Studi dengan Pendekatan Biaya pada Komoditi Kopi di PT. Asal Jaya)
Abstract
This research analyzed the effect of marketing mix to volume exports by cost approach.The aim of research was to determine the effect of marketing mix variable simultaneously and partially to export volume.Research type was descriptive with include the identification effect of marketing mix variable to volume. Research was located at PT. Asal Jaya Malang. Data type was secondary. Data analyzed were used classic assumption test, multiple regression analysis, t-Test, and F-Test. Pursuant to the result of F-test, significance value was 0.000. It was meant that product cost, price rate, distribution cost and promotion cost were simultaneously influential to export volume. Result of t-test was different for some variables. Product cost and distribution cost were non-significantly influential to export volume. Price rate and promotion cost were significantly influential to export volume.
Keyword: Marketing mix, Export volume, Cost
ABSTRAK
Penelitan ini menganalisa pengaruh bauran pemasaran terhadap volume ekspor dengan pendekatan biaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran secara bersama-sama dan parsial terhadap volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan memuat identifikasi variabel-variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi volume ekspor, mengumpulkan dan menganalisa data yang diperoleh dari pihak perusahaan. Studi kasus pada penelitian ini berlokasi di PT. Asal Jaya Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan data sekunder. Analisa data menggunakan uji asumsi klasik, analisa regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitan membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara variabel bauran pemasaran terhadap volume ekspor dengan nilai signifikan 0,000. Untuk pengaruh secara parsial setiap variabel memiliki perbedaan. Biaya Produk dan Biaya Distribusi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap volume ekspor. Sedangkan Tingkat Harga dan Biaya Promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap volume ekspor.
Kata Kunci: Bauran pemasaran, Volume ekspor, Biaya