ANALISIS STRATEGI DALAM MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL (Studi Kasus Pada PT Telekomunikasi Indonesia dalam Ekspansi di Myanmar)
Abstract
PT Telekomunikasi Indonesia is one of the largest telecomunications company in Indoensia. The company’s vision is to become the leading TIMES player in the region, that can expand abroad. The company start to expand since 2011 and 2012 in Myanmar. A company need to have the right strategy in entering International market in order to expand market in Myanmar and be able compete in ASEAN Economic Comunity (AEC) 2016. The purpose of this study are to figure out strategy that being applied by PT Telkom, to figure out the company’s stengths, weakness, theats, and opportunities, and also to analyze the appropriate strategy for PT Telkom. This type of reseach is descriptive with qualitative approach. The analytical method used is SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, and Threats) analyisis, with the analysis of EFAS, IFAS, IE and SWOT matrix. The conclusion of this research is PT Telekomunikasi Indonesia already applied the right strategy with strategy of developing, but to support the company’s expansion activities in Myanmar it need to do some alternative strategies that have been formulated based on the vision, mission, internal analysis and external analysis.
Key words : Corporate Strategy, Expansion, International Markets, Myanmar
ABSTRAK
PT Telekomunikasi Indonesia merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Visi yang dimiliki perusahaan adalah menjadi pemimpin pemain TIMES di kawasan regional, dan dapat melakukan ekspansi. Perusahaan mulai berekspansi sejak tahun 2011 dan 2012 di Myanmar. Sebuah perusahaan harus memiliki strategi yang tepat dalam memasuki pasar internasional untuk memperluas pasar di Myanmar dan mampu bersaing di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh perusahaan, untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang perusahaan, dan juga untuk menganalisis strategi yang tepat untuk perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats), dengan matriks EFAS, IFAS, IE dan SWOT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PT Telekomunikasi Indonesia sudah menerapkan strategi yang tepat dengan strategi pengembangan, namun untuk mendukung kegiatan ekspansi di Myanmar perusahaan perlu melakukan beberapa alternatif strategi yang telah dirumuskan berdasarkan visi, misi, analisis internal dan analisis eksternal.
Kata Kunci : Strategi Perusahaan, Ekspansi, Pasar Internasional, Myanmar