PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei kepada Konsumen Kendaraan Merek Toyota di Univeritas Brawijaya Malang)

Authors

  • Cory Caroline R.M
  • Edy Yulianto
  • . Sunarti

Abstract

This study aims to determine the effect of the marketing mix to the consumers satisfaction which consists of product, price, place, and promotion variable stimultaneously and to determine which variables are dominant influence on consument satisfaction. This study uses explanatory and quantitative approach. The samples in this study are 116 respondents who have owned Toyota brand vehicles. The sampling techniques used is purposive sampling, and the data collection method used is using questionnair. Data analysis technique in this study is instrument test (validity and realibility test) and multiple linier regression analysis. The “t†test result showed that product, price, location, and promotion variables influence the consumer satisfaction significantly. The “t†test result also showed that location variable is the strongest effect compared with other variable, it means that location variable has dominant effect on consumer satisfaction in using Toyota brand vehicles. Adjusted R Square value in this study is 0,522. It means that 52,2% of consumer satisfaction variable is influenced by the independent variable, which are Product, Price, Place, and Promotion. While the rest is 47,8% of consumer satisfaction variable is influenced by other variables that is not discussed in this study.

Key Words: Product, Price, Place, Promotion, and Consumer Satisfaction

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat,dan  promosi, secara pengaruh bersama-sama dan mengetahui variabel mana yang berpengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunkan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 responden yang telah menggunakan kendaraan merek Toyota. Teknik pengambilan sampel berdasarkan teknik tingkatan respondendan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji parsial dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, lokasi, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengujian parsial diketahui bahwa variabel lokasi mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel lokasi mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel lokasi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan kendaraan merek Toyota. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini sebesar 0,522. Artinya bahwa 52,2% variabel Kepuasan Konsumen  akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Produk, Harga, Tempat, dan Promosi. Sedangkan sisanya 47,8% variabel Kepuasan Konsumen  akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan Kepuasan Konsumen

 

Downloads

Published

2016-01-21

Issue

Section

Articles