STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN GERABAH YANG BERORIENTASI EKSPOR PADA PT. LOMBOK PUTRI CINDERAMATA
Abstract
PT. Lombok Putri Cinderamata is an export oriented-enterprise located in Lombok Island, West Nusa Tenggara Province that focuses on handicraft commodity functions as exterior decoration, interior, tableware, kitchenware, and toilet accessories. One of company’s mission is improving the quality of local product from culture identity to export oriented-product. With this regards, PT. Lombok Putri Cinderamata requires marketing strategy to increase the sales and to compete in global market. The research objective is to analysis marketing strategy applied by PT. Lombok Putri Cinderamata to export their product. This research is a qualitative research with the case study. The research shows that PT. Lombok Putri Cinderamata implements concentrated-targeted marketing strategy and use personal selling participating in trade exhibition as promotion tools. The research also indicates that the enterprise’s strength relies on the marketing strategy that focuses on overseas markets, such as Canada, United States, Australia, Taiwan and countries in Europe. Meanwhile, the enterprise has weakness on lacking of social media usage, such as website for promotion and company profile.
Keywords: Marketing Strategy, Export, Pottery Handicraft, Handicraft
ABSTRAK
PT. Lombok Putri Cinderamata merupakan perusahaan eksportir yang berlokasi di pulau Lombok provinsi Nusa Tenggara Barat yang bergerak dalam bidang kerajinan kriya/handicraft yang berfungsi sebagai exterior decoration, interior, tableware, kitchenware, dan toilet accessories. Salah satu misi perusahaan adalah meningkatkan produk kerajinan lokal tradisional yang awalnya hanya berperan sebagai identitas kultur masyarakat menjadi produk yang berkualitas ekspor. Terkait dengan misi ini, perusahaan membutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan dan bersaing di pasar luar negeri.Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Lombok Putri Cinderamata dalam melakukan ekspor kerajinan gerabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode analisis data  menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Lombok Putri Cinderamata menggunakan strategi pemasaran concentrated marketing targeting dengan memilih target pasar yang berfokus pada ekspor,dan metode promosi yang digunakan adalah direct Selling dan exhibition. Kekuatan terbesar perusahaan terletak pada fokus pemasaran ekspor perusahaan yang menjangkau ke Kanada, Amerika Serikat, Australia, Taiwan dan negara-negara di Eropa, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah dalam penggunaan media sosial seperti website untuk promosi dan profil tentang perusahaan masih belum ada.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, ekspor, kerajinan gerabah, kerajinan/handicraft