PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei Pada Pengunjung Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2)

Authors

  • Imam Ahmad Adhi
  • Maria Goretti Wi Endang NP.
  • Pravissi Shanti

Abstract

Since opening, the rate of visit to Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2 is volatile, recent data showed the rate of visit is dropping down. To anticipate a drop, needs marketing strategy to introduce tourism products. Marketing strategy can be formulated by analyzing the psychological factors that influence consumer decisions. The purpose of this research is to know the influence of psychological factors on the decision to visit Batu Secret Zoo  Jawa Timur Park 2. This type of research is explanatory research. The population are visitors of Batu Secret Zoo and using purposive sampling method. Based on the results of multiple linear regression analysis showed the variables of motivation, perception, attitude, learning and personality positive and significantly effect as simultaneously and partially on the decision to visit. From the results of regression analysis showed attitude variable that dominant influence on the decision to visit. Marketing strategies can be formed by adding knowledge to the tourism product that offered, then bring confidence and a good feeling that will encourage visitors to tend to choose Batu Secret Zoo as a tourist destination.

Keywords : Psychological Factors, Motivation, Perception, Attitude, Learning, Personality, Decision to Visit.

ABSTRAK

Sejak dibuka kunjungan ke Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2 fluktuatif, data terakhir menunjukkan menurunnya tingkat kunjungan secara drastis. Untuk mengantisipasi penurunan tingkat kunjungan dibutuhkan strategi pemasaran guna memperkenalkan produk wisata yang ditawarkan. Strategi pemasaran dapat dirumuskan dengan menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan berkunjung ke Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Populasi adalah pengunjung Batu Secret Zoo dan menggunakan  metode purposive sampling. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan variabel motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan berkunjung, dan variabel sikap yang berpengaruh dominan terhadap keputusan berkunjung. Strategi pemasaran bisa dibentuk dengan cara menambah pengatahuan terhadap produk wisata yang ditawarkan, kemudian memunculkan keyakinan dan perasaan yang baik yang akan mendorong pengunjung untuk cenderung memilih Batu Secret Zoo sebagai tempat tujuan wisata.

Kata Kunci : Faktor Psikologis, Motivasi, Persepsi, Sikap, Pembelajaran, Kepribadian, Keputusan Berkunjung.

Downloads

Published

2016-01-20

Issue

Section

Articles