PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP INTERNATIONAL BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswa pembeli dan pengguna Laptop Lenovo di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)
Abstract
The purpose of this study was to determine the Quality Product of the International Brand Image as well as the impact on the purchase decision. In this study the variables used are product quality while International Brand Image and Purchase Decision as an endogenous variable. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. This research was conducted at the Faculty of Administrative Sciences UB Malang on the purchasers and users of Lenovo, involving respondents as many as 88 respondents where 35 male respondents and 53 female respondents. The sampling technique using the formula of Machin and Campbell (1987). Based on the analysis show that the variable Product Quality positive effect on the variable International Brand Image and Purchase Decisions.
Key Word: Quality Product, International Brand Image, Purchase Decision.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Produk terhadap Citra Merek Internasional (International Brand Image) serta dampak yang ditimbulkan pada Keputusan Pembelian. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah Kualitas Produk sedangkan Citra Merek Internasional dan Keputusan Pembelian sebagai variabel endogen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang pada pembeli dan pengguna Lenovo dengan melibatkan responden sebanyak 88 responden dimana laki-laki 35 responden dan perempuan 53 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Machin dan Campbell (1987). Berdasarkan analisis diketahui bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap variabel Citra Merek Internasional dan Keputusan Pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek Internasional (International Brand Image), Keputusan Pembelian.