PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Cafe Malang)
Abstract
The purpose of this study is to determine and explain the effect of the Store Atmosphere which is including by variables of Visual Communication, Lighting, Color, Music and Scent simultaneously and partially on the Purchase Decision Process and to know the dominant variable that influence the Purchase Decision Process. This research use is an explanatory research. The population in this study are all consumers who purchase and enjoy a meal in Madam Wang Secret Garden Cafe Malang with a sample of 118 people. The analysis of the data used is descriptive analysis, classical assumption test and multiple linear regression analysis using the software SPSS for windows version of 16.0. The results showed that the variables of Visual Communication, Lighting, Color, Music and Scent have a significant effect simultaneously and partially on the Purchase Decision Process. Scent becomes the dominant variable affecting the Purchase Decision Process.
Keywords: Store Atmosphere (Suasana Toko), Visual Communication, Lighting, Color, Music, Scent and Purchase Decision
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan pengaruh Store Atmosphere yang meliputi variabel Komunikasi Visual, Pencahayaan, Warna, Musik dan Aroma secara bersama-sama dan parsial terhadap Proses Keputusan Pembelian serta mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Proses Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang melakukan pembelian dan menikmati hidangan di Madam Wang Secret Garden Cafe Malang dengan sampel sejumlah 118 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Visual, Pencahayaan, Warna, Musik dan Aroma berpengaruh signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap variabel Proses Keputusan Pembelian. Aroma menjadi variabel yang dominan mempengaruhi variabel Proses Keputusan Pembelian.
Kata Kunci: Store Atmosphere (Suasana Toko), Komunikasi Visual, Pencahayaan, Warna, Musik, Aroma dan Keputusan Pembelian