PENGARUH CITY BRANDING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Wisatawan Kota Surabaya 2015)

Authors

  • Abdurrahman Hikmah Ramadhan

Abstract

The aims of this research to explain the influence of City Branding on Interest to Visit, the influence of City Branding on Decision to Visit, and  the influence Interest to Visit on Decision to Visit. The respondent is the tourist who visit to Surabaya City consist of 102 tourist. Data collection method used is the survey. The analysis used the research is descriptive analysis and path analysis. The analysis shows is the City Branding has a significant influence on Interest to Visit, City Branding has influence on Decision to Visit but not significant, and Interest to Visit has a significant influence on Decision to Visit. Thus, the government should keep promoting City Branding of Surabaya. Furthermore, many tourist will remember the city. The government also fix aspects that contained in City Branding in a their efforts to attract tourist consistently and creative.

Keywords: City Branding, Interest to Visit, Decision to Visit

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh City Branding terhadap Minat Berkunjung, pengaruh City Branding terhadap Keputusan Berkunjung, dan pengaruh Minat Berkunjung terhadap Keputusan Berkunjung. Penelitian dilakukan terhadap 102 orang  wisatawan yang mengunjungi Kota Surabaya. Metode pengumpulan data dengan menyebar angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara City Branding dengan Minat Berkunjung, City Branding memiliki  pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung akan tetapi tidak signifikan, dan Minat Berkunjung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Dengan demikian, Pemerintah sebaiknya terus mempromosikan City Branding Kota Surabaya agar dapat melekat dibenak wisatawan serta membenahi aspek yang terdapat dalam City Branding sebagai usaha untuk menarik wisatawan secara konsisten dan kreatif.

Kata Kunci : City Branding, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung

Downloads

Published

2015-11-17

Issue

Section

Articles