PENGARUH KOMPENSASI LANGSUNG DAN KOMPENSASI TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bagian Hubungan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang)

Authors

  • Arlina Candra Putri

Abstract

The aim of the study is to examine the influence of compensation on job satisfaction and employees performance of the customer relationship in PDAM Malang. The type of research use in this study is explanatory research quantitative approach. Source data use in this study is primary data and secondary data. Primary data use in this study is by distributing questionnaires to respondents and secondary data is derived from reports and relevant literature archives. This study uses validity test and reliability test to measure and reveal research data accurately. Data analysis that used in this study is descriptive analysis and path analysis.The results of this study is known that by giving direct compensation and indirect compensation equally and worthy will provide rise on employee job satisfaction. This compensation will provide more benefits to employees and company. Employees can sufficient their needs and the company will achieve its objectives maximally. The results of the analysis reveals that the provision of fair and worthy compensation will give the significant effect on job satisfaction and employees performance. Therefore the compensation have positive effect on the work of employees..

Keyword :Direct Compensation, Indirect Compensation, Job Satisfaction, Employees Performance

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan bagian hubungan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 responden yang merupakan karyawan bagian hubungan pelanggan Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para responden dan data sekunder berasal dari laporan-laporan dan arsip literatur-literatur yang relevan. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur dan mengungkap data penelitian secara tepat. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan jalur (path).Hasil analisis dapat diketahui bahwa dengan pemberian kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung secara adil dan layak akan memberikan peningkatan terhadap kepuasan kerja karyawan. Kompensasi ini akan memberikan keuntungan lebih terhadap karyawan maupun perusahaan. Kepuasan akan mendorong semangat kerja karyawan. Hal ini disebabkan oleh pemberian kompensasi merupakan sebuah penghargaan atas hasil kerja karyawan yang memuaskan. Hasil analisis mengatakan bahwa pemberian kompensasi yang adil dan layak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan dan kinerja karyawan. Oleh karena itu pemberian kompensasi berpengaruh positif terhadap hasil kerja karyawan.

Kata Kunci :Kompensasi Langsung, Kompensasi Tidak Langsung, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

 


Downloads

Published

2015-10-01

Issue

Section

Articles