EVALUASI PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PENGELUARAN KAS ATAS PENGAJUAN PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI JIWA (Studi Kasus Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Kayutangan Kota Malang)

Authors

  • Devi Herdiana Putri Sihombing

Abstract

Insurance is an agreement whereby an insured tying himself to the insurer. The customer is insured and the insurer is the insurer. The customer has the obligation to pay a sum of money called the premiums to the insurance company, in which the money will be restored later on a specific provision in accordance with existing agreements. Payment of the premium money back may be called with the claim. Payment of claims on an insurance company need accounts payable accounting systems and a good fit with the system of internal control. With a good system then processes the payment of claims will be done on time. So insurance companies will have a good image in the eyes of its customers. Type of this research is descriptive. Based on the research done on internal control system of accounting accounts payable upon submission of the payment claim life insurance 1912 Bumiputera AJB Kayutangan Malang Branch is already well underway. The large number of clients who do not submit the submission of payment claims with complete and correct the weaknesses can be detrimental to the company in achieving timeliness in payment of the claim.

Keywords: insurance claims, accounts payable

ABSTRAK

Asuransi adalah sebuah perjanjian yang dimana seorang tertanggung mengikatkan dirinya kepada penanggung. Tertanggung adalah nasabah dan penanggung adalah perusahaan asuransi. Nasabah memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah uang yang disebut premi kepada perusahaan asuransi, dimana nantinya uang tersebut akan dikembalikan pada suatu ketentuan tertentu sesuai dengan perjanjian yang ada. Pembayaran kembali uang premi tersebut bisa disebut dengan klaim. Pembayaran klaim pada perusahaan asuransi memerlukan sistem akuntansi pengeluaran kas yang baik dan sesuai dengan sistem pengendalian intern. Dengan sistem yang baik maka proses pembayaran klaim akan dapat dilakukan tepat waktu. Sehingga perusahaan asuransi akan mendapat citra yang baik dimata nasabahnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan pada sistem pengendalian intern terhadap sistem akuntansi pengeluaran kas atas pengajuan pembayaran klaim asuransi jiwa Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kota Malang Cabang Kayutangan sudah berjalan dengan baik. Banyaknya nasabah yang tidak menyerahkan persyaratan pengajuan pembayaran klaim dengan lengkap dan benar menjadi kelemahan yang dapat merugikan perusahaan dalam mencapai ketepatan waktu dalam pembayaran klaim.

Kata kunci: klaim asuransi, pengeluaran kas

Downloads

Published

2015-08-25

Issue

Section

Articles