ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK ATRIBUT PRODUK YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID (Survei pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang Pengguna Smartphone Android Samsung)

Authors

  • Nadia Anastasia

Abstract

The aims of this research were find out and described the factors which build product attributes that influenced purchasing decision making, and also to find out the most dominant factor that influenced for purchasing decision making. Researcher used the explanatory research with survey method. Questionaire and poll with Likert’s scale were used as research instrument. The sample of this research were 116 persons as respondent of active student of Administration Science Faculty Majoring Business Administration Brawijaya University Malang. The data analysis technic of this research are descriptive analysis, factor analysis, and multiple linear regression analysis. The result of factor extraction showed there were six new factors they are Complement Service Factor, Brand Factor, The Product’s Image Factor, Assurance Factor, Product Quality Factor and Operation System Factor. That six factors has significantly simultaneous influenced with F score 11,563 and level of significance 0,000. The Product’s Image Factor is the most dominant variable which influenced purchasing decision with highest beta score 0,450 than the other variables.

Keywords : product attributes, purchasing decision making

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk atribut produk dalam mempengaruhi keputusan pembelian, serta mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksplanatori dengan metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan angket dengan menggunakan skala Likert. Sampel penelitian adalah sebanyak 116 orang responden yang  merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang.Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linier berganda. Setelah dilakukan ekstraksi faktor di dapatkan enam faktor baru, yaitu Faktor Layanan Pelengkap, Faktor Merek, Faktor Citra tentang Produk, Faktor Jaminan, Faktor Kualitas Produk, dan Faktor Sistem Operasi. Keenam Faktor tersebut mempunyai pengaruh bersama-sama secara signifikan dengan nilai Fhitung 11,563 dan tingkat signifikansi 0,000. Variabel Citra Produk mempunyai nilai beta tertinggi sebesar 0,450 dibandingkan dengan variabel lainnya. Hal ini berarti variabel tersebut merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci : atribut produk, keputusan pembelian

Downloads

Published

2015-08-24

Issue

Section

Articles