ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN HAKATA IKKOUSHA JAKARTA

Authors

  • Brian Rizky Ali Rachmalika

Abstract

Hakata Ikkousha is a restaurant that have specialization on noodles, or to be more specific, ramen.  Hakata Ikkousha purely using social media as their promotion media to promote all of their products.  The purpose of this research are to determine on what factors that can produce eWOM and it’s effect on Purchasing Behavior.  This research is an explanatory research with using Factor Analysis and Multiple Regression Analysis. Total sample from this research was 116 persons with criteria people in society who already purchased something from Hakata Ikkousha after receiving eWOM from twitter.  This research generates 3 factors, which is: Expressing Positive Feelings Factor, Platform Assistance Factor, and Concern For The Others Factor.  Those 3 Factors has significant effect towards Purchasing Decision simultaneously, and Expressing Positive Feelings Factor have a significant effect towards Purchasing Decision partially.

Keywords: Marketing Strategy, Electronic Word-of-Mouth, Social Media Marketing, Restaurant.

ABSTRAK

Hakata Ikkousha merupakan sebuah restoran yang memiliki spesialisasi pada jenis makanan mie yang dikenal dengan nama ramen.Hakata Ikkousha secara murni menggunakan akun media sosial sebagai sarana pemasaran dari setiap produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk eWOM dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan menerapkan Analisis Faktor dan Analisis Regresi Linier Berganda.  Dalam penelitian ini terdapat sampel sejumlah 116 orang dengan kriteria  masyarakat umum yang sudah  melakukan pembelian pada restoran Hakata Ikkousha. setelah menerima informasi mengenai Hakata Ikkousha melalui electronic word-of-mouth (eWOM) yang tersebar  pada situs jejaring sosial twitter.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 buah faktor yang terbentuk yakni: Faktor Expressing Positive Feelings, Faktor Platform Assistance, dan Faktor Concern For The Others.  Ketiga faktor tersebut memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian, dan Faktor Expressing Positive Feelings yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian.

Kata kunci : Strategi pemasaran, Electronic Word-of-Mouth, Social Media Marketing, Restoran.


Downloads

Published

2015-08-18

Issue

Section

Articles