PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (Survei Pada Wisatawan Taman Rekreasi Selecta Batu)

Authors

  • Ruben Marty Theofilus Saragih

Abstract

Explaining the influence of service quality on corporate image and customer satisfaction was the aims of this study. The 112 visitors who visits Selecta Recreational Park at least twice was taken for the sample using purposive sampling with questionnaires for collected the data. This study use explanatory research with descriptive and path analysis. There is a significant influence of service quality towards corporate image, service quality towards customer satisfaction, but corporate image has not significant influence on customer satisfaction were the result of this study. Base on the result, maintaining the service quality as well as increasing their corporate image role in order to increase customer satisfaction should be done by Selecta Recreational Park. Keywords: Service Quality, Corporate Image, Customer Satisfaction Abstrak Menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan dan kepuasan pelanggan merupakan tujuan penelitian ini. Sebanyak 112 orang pengunjung Selecta dengan minimal dua kali kunjungan digunakan sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Penelitian eksplanatory merupakan jenis penelitian yang digunakan dan dengan deskriptif dan path analysis untuk analisis data pada penelitian ini. Terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan  terhadap citra perusahaan, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, tetapi terdapat pengaruh tidak signifikan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Mempertahankan kualitas pelayanan sekaligus meningkatkan peran citra perusahaannya dalam rangka memberikan kepuasan pelanggan yang lebih baik merupakan hal penting yang harus dilakukan Taman Rekreasi Selecta. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2015-07-28

Issue

Section

Articles