ANALISIS PENGARUH INTERNATIONAL BRAND IMAGE, PROMOSI, BRAND AWARENESS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2011-2014 yang Memiliki Smartphon

Authors

  • Nendy Dwi Febrinasari

Abstract

The purpose of this research to explain of international brand image, promosi, brand awareness and price on purchase dicision both togrthereously and partially. The research type is explanatory research with quantitative approach. The participants of this research are the students of the Faculty Administrative Sciences (FIA) Majoring Business Administration on Brawijaya University class of 2011-2014 who knows the brand, using and bought smartphone android Samsung. Calculate and determined sample total is 116 respondents with the sampling technique was employed purposive sampling and using a questionnaire as a data collection method. Analysis of the data in this research used descriptive analysis and multiple linear regression analysis method. The results at test that variables of international brand image, promotion, brand awareness and price togethereously have significant effect on purchase decisions. There is a significant influence in partially on the variable international brand image, promotion, brand awareness and price of purchase decision. While partially promotion variable did not significant to affect purchase decision. Keywords: International Brand Image, Promotion, Brand Awareness, Price, Purchase Decision. Abstrak Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh international brand image, promosi, brand awareness dan harga terhadap keputusan pembelian baik secara bersama-sama maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis jurusan Administrasi Bisnis angkatan 2011-2014 yang mengetahui merek, menggunakan dan membeli smartphone android Samsung. Sampel dihitung dan ditentukan sebanyak 116 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan angket sebagai metode pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel international brand image, promosi, brand awareness dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh secara parsial pada variabel international brand image, brand awareness dan harga terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial variabel promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci : International Brand Image, Promosi, Brand Awareness, Harga, Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2015-07-28

Issue

Section

Articles