PENGARUHCELEBRITY ENDORSER TERHADAP SIKAP KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 dan 2014 Pengguna Produk Perawatan Wajah Merek Garnier)

Authors

  • Rizka Mulyawati

Abstract

The purpose of this study is to explain the influence of celebrity endorser on consumers attitude and purchase decisions. This study took a sample of 138 people female undergraduate students class of 2013 and 2014 of Administrative Science Faculty, Brawijaya University who use face care product of Garnier. Kind of explanatory research  with judgedment. Data collection with questionnaires, with descriptive data analysis and path analysis. Results showed that, there is a significant influence of celebrity endorser variables towards consumers attitude, celebrity endorser variables towards purchasing decision and consumers attitude variables towards purchasing decision.   Garnier products should retain celebrity endorser to be able to attract the attention of consumers to use the product Garnier. Attributes of the celebrity endorser need to be adjusted with the aim of product introduction and with the products benefit.

Keywords : Celebrity Endorser, Consumers Attitude and Purchasing Decision.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh celebrity endorser terhadap sikap konsumen dan dampaknya pada keputusan pembelian. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 138 orang mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2013 dan 2014 pengguna produk perawatan wajah merek Garnier. Jenis penelitian explanatory research dengan teknik pengambilan sampel judgement sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner, serta analisis data secara deskriptif dan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh signifikan  variabel celebrity endorser terhadap sikap konsumen, variabel celebrity endorser terhadap variabel keputusan pembelian dan variabel sikapkonsumen terhadap keputusan pembelian.   Produk Garnier sebaiknya mempertahankan variabelcelebrity endorser, yang dianggap menarik perhatian konsumen untuk menggunakan produk Garnier. Atribut-atribut yang dimiliki oleh celebrity endorser perlu disesuaikan dengan tujuan pengenalan produk dan manfaatnya.

Kata Kunci : Celebrity Endorser, Sikap Konsumen dan Keputusan  Pembelian .

Downloads

Published

2015-07-07

Issue

Section

Articles