PENGARUH PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KESADARAN KONSUMEN PADA PRODUK INTERNASIONAL (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia)

Authors

  • Daniel Iman Kristiawan

Abstract

The purpose of this study to analyze the influence of social media marketing variable to consumer awareness. This research is explanatory research with quantitative approach. Data for this study obtained from 119 respondents. Sampling method in this research was quota sampling. According to multiple regression analysis the result shown that brand exposure has influence but not significantly to consumer awareness, shown with t test value 0,137 and significant value 0,891. Customer engagement has significantly influence to consumer awareness shown with t-test value 2,251 and significant value 0,026. Electronic Word of Mouth has significantly influence to consumer awareness shown with t-test value 5,172 and significant value 0,000.

Keywords: Social Media Marketing, Brand Exposure, Customer Engagement, Electronic Word of Mouth, and Consumer Awareness

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh variabel brand exposure, customer engagement, dan electronic word of mouth dalam penggunaan media sosial Facebook dan Twitter terhadap kesadaran konsumen pada produk Uniqlo. Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 119 orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah sampel kuota. Hasil dari studi ini diperoleh data bahwa variabel brand exposure berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kesadaran konsumen, dihasilkan dengan nilai t hitung sebesar 0,137 dan nilai sig 0,891. Variabel customer engagement berpengaruh signifikan terhadap kesadaran konsumen dihasilkan dengan nilai t hitung sebesar 2,251 dan nilai sig 0,026. Variabel electronic word of mouth berpengaruh paling signifikan terhadap kesadaran konsumen, dihasilkan dengan nilai t hitung sebesar 5,172 dan nilai sig 0,000.

Kata kunci: Pemasaran Media Sosial, Brand Exposure, Customer Engagement, Electronic Word of Mouth, dan Kesadaran Konsumen.

Downloads

Published

2015-07-06

Issue

Section

Articles