PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu)

Fitri Aprilia

Abstract


Jawa Timur Park 2 was the location of this research and the sample was 112 visitors who had visited Jawa Timur Park 2. The research discussed The Influence Word of Mouth on Visit Intention and Visit Decision. This research use explanatory research. Purposive sampling was the technique sampling used in this research. Questionnaire used  for data collecting method. Data analysis of this research using decriptive and path analysis. Based on the result of this research, it is recommended for Jatim Park 2 by using e-wom, such as through social media for increase the visitor. Beside, Jatim Park 2 should increase the quality of the facilities given and be more innovative in creating favorable playgrounds for all the people and giving nice experiences. Furthermore, for those people who are having the nice experience there will recommended this place to others. Those activities will attract people to visit Jatim Park 2.

Keywords: Word of Mouth, Visit Intention, Visit Decision

ABSTRAK

Jawa Timur Park 2 merupakan lokasi dari penelitian ini dan sampel sebanyak 112 orang pengunjung yang telah mengunjungi Jawa Timur Park 2. Penelitian membahas Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya pada Keputusan Berkunjung. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan. Purposive sampling merupakan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini. Kuesioner digunakan untuk metode pengumpulan data. Data analisis dari penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pihak Jatim Park 2 dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dengan melakukan e-wom seperti melalui media sosial. Selain itu juga meningkatkan kualitas fasilitas yang diberikan serta lebih inovatif dengan menciptakan wahana-wahana yang dapat disukai oleh semua orang dan menimbulkan pengalaman positif. Lebih jauh mereka yang memiliki pengalaman positif akan merekomendasikan kepada orang lain dan akan dapat menarik minat sehingga berakhir pada keputusan berkunjung di Jatim Park 2.

Kata Kunci: Word of Mouth, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.