ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENJUALAN KAMAR, RESTORAN DAN PENERIMAAN KAS DALAM MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN (Studi pada Hotel Mitra Inn Kediri)

Authors

  • Rizki Kurniawan

Abstract

A company that will do the achievement of objectives in improving the effectiveness and quality of work required for an internal control oversight.With the supervision of internal control is good, then the company can avoid the things that are undesirable in operational activities.This study has the objective to analyze the system and procedure of selling rooms, a restaurant and cash receipts contained in Hotel Mitra Inn Kediri. This research was conducted to obtain the result that there is still a multi functions related to the sale transaction rooms, a restaurant and cash receipts. Multi function can lead to the onset of negligence and fraud, causing weakness of internal control. Thus the need for separation of functions within each section to be able to improve internal control.

Keywords: multi function, separation of function, system, procedure

Abstrak

Perusahaan yang akan melakukan pencapaian tujuan dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas kerja diperlukan adanya suatu pengawasan pengendalian internal. Dengan adanya pengawasan pengendalian intern yang baik, maka perusahaan dapat menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan di dalam kegiatan operasional. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis sistem dan prosedur penjualan kamar, restorandan penerimaan kas yang terdapat pada Hotel Mitra Inn Kediri. Penelitian yang dilakukan ini memperoleh hasil bahwa masih terdapat suatu perangkapan fungsi yang terkait pada transaksi penjualan kamar, restoran dan penerimaan kas. Perangkapan fungsi ini dapat menimbulkan adanya kelalaian dan timbulnya kecurangan sehingga menimbulkan lemahnya pengendalian intern. Sehingga perlu adanya pemisahaan fungsi dalam setiap bagian untuk dapat meningkatkan pengendalian intern.

Kata kunci : perangkapan fungsi, pemisahaan fungsi, sistem, prosedur

Downloads

Published

2015-06-30

Issue

Section

Articles