PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP INTERNATIONAL BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada pengguna smartphone Samsung)

Authors

  • Puspita Astria Magdalena

Abstract

The purpose of this research is to understanding the impact of Brand Ambassador on International Brand Image and Decision Buying. In this research, exogenous variable used as Brand Ambassador whereas International Brand Image and Decision Buying as endogenous variable. This research is quantitative exploratory study with involved 133 correspondents from three countries such as Indonesia, Malaysia, and India which is 41 correspondents are India, 45 correspondents are Indonesian, and 47 correspondents are Malaysian. The sampling technique of formula Machin and Campbell (1987) used to determine correspondent. According of path analysis shown that Brand Ambassador positive significantly influence to International Brand Image and Decision Buying. Key Word : Brand Ambassador, International Brand Image, Decision Buying.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Duta Merek (Brand Ambassador) pada Citra Merek Internasional (International Brand Image) dan dampak yang ditimbulkan atau hasilkan pada keputusan pembelian. Dalam penelitian ini, variabel eksogen yang digunakan adalah Brand Ambassador sedangkan International Brand Image dan Keputusan Pembelian sebagai variabel endogen. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan cara pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di tiga negara terpilih yaitu Indonesia, Malaysia, dan India dengan melibatkan responden sebanyak 133 orang dimana 41 responden berasal dari India, 45 responden berasal dari Indonesia, dan 47 responden berasal dari Malaysia. Teknik sampling dari persamaan Machin dan Campbell (1987) digunakan untuk penentuan responden. Berdasarkan analisis diketahui bahwa variabel Duta Merek (Brand Ambassador) signifikan berpengaruh positif terhadap variabel Citra Merek Internasional (International Brand Image) dan Keputusan Pembelian sampel. Kata Kunci : Duta Merek (Brand Ambassador), Citra Merek Internasional (International Brand Image), Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2015-06-25

Issue

Section

Articles