ANALISIS AUDIT OPERASIONAL FUNGSI PEMASARAN (Studi Kasus pada PT. Pardic Jaya Chemicals)

Authors

  • Yoshi Suryo Dhanti

Abstract

Operational audit is one of important audit in organization or company which systematically control and assessed the effectiveness, efficiency , and economizing company operation. In company’s operation, marketing function has very important part, which is marketing performance can be used to measure company success, therefore to maintain the performance, company are required to conduct marketing audit. This research was conducted at PT. Pardic Jaya Chemiclas which is a resin sintetis company in Indonesia. The purpose of this research is analyse operational audit of marketing function, based on it can be known management respont of the audit recomendation was given, and  the function of operational audit have done by the corporate on the marketing function. This research using qualitative descriptive method with study cases approach. This research focuse to marketing audit step which conducted by internal auditor and marketing activity have been done. The result of this research is company have conduct an operational audit of marketing function continously , but an audit done by the company was not do in whole scope of marketing function, so that the assessment of the effectiveness, efficiency and economizing of marketing function in PT. Pardic jaya chemicals did not totally  maximum, but when the analysis done to whole scope of marketing, there is some activity doing inefective and eficient. Just as profit obtained is not optimal, quantity of sales have not proven, and labor of marketing function too minim.

Keyword : Analysis, Operational Audit, Marketing Function

ABSTRAK

Audit operasional merupakan audit penting dalam suatu organisasi atau perusahaan yang dilaksanakan secara sistematis untuk mengontrol dan menilai tingkat efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi operasional perusahaan. Fungsi operasional perusahaan dalam pelaksanaannya yang menempati peran cukup pentingadalah fungsi pemasaran.Penelitian ini dilakukan pada PT. Pardic Jaya Chemicals yang merupakan perusahaan resin sintetis di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan audit operasional fungsi pemasaran, kemudian dapat diketahui respon manajemen terhadap rekomendasi yang diberikan, dan peranan audit operasional yang telah dilakukan oleh perusahaan terhadap pencapaian fungsi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Fokus pada penelitian ini adalah tahapan audit operasional fungsi pemasaran yang dilakukan oleh auditor internal serta kegiatan pemasaran yang berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan audit operasional fungsi pemasaran secara berkala, namun audit yang dilakukan oleh perusahaan tersebut masih belum mencangkup keseluruhan lingkup pemasaran, sehingga penilaian efektivitas, efisiensi dan ekonomisasi fungsi pemasaran pada PT. Pardic Jaya Chemicals belum sepenuhnya maksimal.Namun, setelah dilakukan analisis secara menyeluruh terhadap kegiatan pemasaran dan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan, ternyata masih terdapat beberapa aktivitas yang berjalan belum efektif, dan efisien. Seperti halnya profit yang diperoleh belum maksimal, pencapaian target quantity penjualan yang belum terpenuhi, dan tenaga kerja pemasaran yang terlalu sedikit.

Kata Kunci : Analisis, Audit Operasional, Fungsi Pemasaran


Downloads

Published

2015-06-23

Issue

Section

Articles