PENGEMBANGAN VALUE PROPOSITION DALAM PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus terhadap Mobil Toyota Agya di Kota Malang)

Authors

  • Rizka Kurnia Andaru

Abstract

This research aims to knowing value proposition that is offered on Toyota Agya, knowing consumer perceptions about value proposition of toyota agya in Malang City, and knowing the development of value proposition in determining the marketing strategy at Toyota Agya in Malang City. The data source of research were informant, documents, places and events. Analysis of the data used interactive data analysis. The results showed that 11 elements of Value proposition according to Alexander Osterwalder and Yves Pigneur which newness, performance, customization, geting the job done, design, brand/status, price, price reductions, risk reductions, accessibility, and convenience/usability, only 10 elements were included in Toyota Agya value proposition offered by AUTO2000 Malang Sutoyo, except the customization element, perception of consumers stated that eight elements of the 10 elements of Toyota Agya Value proposition offered by AUTO2000 Malang Sutoyo could be delivered well and satisfying customers, two elements which could not be conveyed properly and optimally satisfying consumer were geting the job done and accessibility, and the strategy used by AUTO2000 Malang Sutoyo it can be said still common by doing marketing activities, namely face to face, door to door, presentations or group gatherings, exhibitions, websites, and influencers.

Keywords: Value proposition, Marketing Strategy, LCGC (Low Cost Green Car)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui value proposition yang ditawarkan pada mobil Toyota Agya, mengetahui persepsi konsumen di Kota Malang mengenai value proposition pada mobil Toyota Agya, dan mengetahui pengembangan value proposition dalam penetapan strategi pemasaran pada mobil Toyota Agya di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan Sumber data penelitian informan, dokumen, serta tempat dan peristiwa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan 11 elemen Value proposition menurut Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur, yaitu sifat baru, kinerja, penyesuaian, menyelesaikan pekerjaan, desain, merek/status, harga, pengurangan biaya, pengurangan risiko, kemampuan dalam mengakses, serta kenyamanan/kegunaan, hanya terdapat 10 elemen yang termasuk dalam value proposition mobil Toyota Agya yang ditawarkan oleh AUTO2000 Malang Sutoyo, kecuali elemen penyesuaian, persepsi konsumen menyatakan bahwa delapan elemen dari 10 elemen Value proposition mobil Toyota Agya yang ditawarkan oleh AUTO2000 Malang Sutoyo dapat tersampaikan dengan baik dan memuaskan konsumen, dua elemen yang tidak termasuk adalah menyelesaikan pekerjaan dan kemampuan dalam mengakses, dan strategi yang digunakan oleh perusahaan AUTO2000 Malang Sutoyo dapat dikatakan masih umum dengan melakukan kegiatan pemasaran, yaitu face to face, door to door, presentasi grup atau gathering, pameran, website, dan influencer.

Kata Kunci: Value proposition, Strategi Pemasaran, LCGC (Low Cost Green Car)

Downloads

Published

2015-06-23

Issue

Section

Articles