PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Produk Low Cost Green Car Astra Daihatsu Ayla di PT. Jolo Abadi, Malang)

Authors

  • Risad Aditiawan Subagio

Abstract

This research aims to determine the effect of price, feature, design, quality, and style simultaneously and partially on consumer’s purchase decision. The type of research was explanatory research with quantitative approach. The participants of the research are the consumers who bought Ayla car in PT. Jolo Abadi, Malang, with a total sample of 116 respondents by using simple random sampling. Questionnaires used for collecting the data. Data analysis that used in this study is multiple linear regression. The results of this study showed that the product attribute variables of Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla consisting of price, feature, design, quality, and style overall have the significant effect on purchase decision. The result of t-test showed that product attribute variables of Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla has the significant effect on purchase decision partially. Thus, the company should be able to inform the products better on price, features, design, quality, and style especially for Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla product through the salesmen, so that they are more proficient in marketing their product.

Keywords: Price, Feature, Design, Quality, Style Purchase Decision

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: pengaruh harga, fitur, desain, kualitas,  dan gaya secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian adalah pembeli mobil Ayla di dealer PT. Jolo Abadi, Malang, dengan total sampel sebanyak 116 orang responden menggunakan teknik simple random sampling. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data  yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut produk Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla yang terdiri dari harga, fitur, desain, kualitas, dan gaya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel atribut produk Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian, sebaiknya perusahaan dapat menginformasikan produk dengan lebih baik mengenai harga, fitur, desain, kualitas, dan gaya khususnya produk Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla melalui para salesnya, agar mereka lebih paham dalam memasarkan produknya.

Kata Kunci: Harga, Fitur, Desain, Kualitas, Gaya, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2015-06-23

Issue

Section

Articles