PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang)

Authors

  • Risna Dwi Agustin

Abstract

The aim of this research is to know and determine the effect of green marketing on purchase intention and purchase decision of product Tupperware. The type of research used explanatory research with total sample is 102 respondens. The sample collection through purposive sampling techniques with the main criteria is the consumers non-member Tupperware in Malang City who purchased Tupperware at PT Adicitra Prima Kencana. Data were collected through questioner. Path analysis was used as a data techniques. The results showed that Green Marketing has dirrect and signifikan effect on Purchase Intention equal to 79,4%. Green Marketing has dirrect and signifikan effect on Purchase Decision equal to 34% . Purchase Interntion has dirrect and signifikan effect on Purchase Decision equal to 39,3% . Thus, Tupperware company should continue to mantain green marketing program with supported the innovation in producing better quality plastic  product and environtmentally friendly. This innovation will make the consumers interest to choose Tupperware products, so that it can have an impact on the purchase decision. Keywords: Green Marketing, Purchase Intention, Purchase Decision Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh green marketing terhadap minat beli dan keputusan pembelian produk Tupperware. Explanatory research (penelitian penjelasan) digunakan sebagai jenis penelitian. Survei dilakukan pada konsumen non-member Tupperware di Kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 102 orang responden. Teknik purposive sampling digunakan sebagai teknik sampling dengan kriteria konsumen non-member Tupperware di Kota Malang yang menggunakan produk Tupperware dan melakukan pembelian di PT Adicitra Prima Kencana. Data dikumpulkan melalui angket selanjutnya dilakukan analisis data secara deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green marketing memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel minat beli sebesar 79,4%. Variabel green marketing memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 34%. Variabel minat beli memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 39,3%. Perusahaan Tupperware seharusnya terus mempertahankan program pemasaran hijau yang diusung dengan ditunjang untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk plastik yang berkualitas dan ramah lingkungan. Hal ini akan membentuk ketertarikan konsumen terhadap produk Tupperware, sehingga dapat berdampak pada keputusan pembelian. Kata Kunci: Green Marketing, Minat Beli, Keputusan Pembelian, Tupperware

Downloads

Published

2015-05-29

Issue

Section

Articles