PENGENDALIAN MODAL KERJA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS (Studi pada Koperasi Pelita Sejahtera PT. PLN (Persero) Area Malang Periode 2011 – 2013)

Authors

  • Fitria Rachmawati

Abstract

Working capital is capital that must be spinning in a cooperative and capital turnover is expected to be able to generate maximum revenue because if there is a working capital management is not good, it will have an impact on the profitability and liquidity will be obtained that will be faced by the cooperative. This study aims to determine how capital controls work done Koperasi Pelita Sejahtera PT. PLN (Persero) Malang area as an effort to increase profitability and liquidity. This type of research is descriptive quantitative approach.. The results showed that the working capital owned cooperative in the past three years, namely in 2011, 2012, and 2013 experienced a reduction in working capital, which is evident from the statement of changes in working capital and sources and uses of working capital. Calculation of profitability ratio that covers ROA, ROE had passed, NPM, OPM experienced volatile, and GPM decreased. In the calculation of the liquidity ratio that covers the Current Ratio, Cash Ratio, Quick Ratio volatile. Based on the analysis of cooperative working capital on cash management has been utilized properly. Turnover on cooperative working capital has been effective so that the cooperative needs to maintain.

Keyword: working capital, profitability, liquidity

Abstrak

Modal kerja merupakan modal yang harus berputar dalam koperasi dan perputaran modal ini diharapkan mampu untuk menghasilkan pendapatan yang maksimal karena apabila terdapat manajemen modal kerja yang kurang baik, maka akan berdampak pada profitabilitas yang akan diperoleh dan likuiditas yang akan dihadapi oleh koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian modal kerja yang dilakukan Koperasi Pelita Sejahtera PT. PLN (Persero) Area Malang sebagai upaya meningkatkan profitabilitas dan likuiditas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja yang dimiliki koperasi dalam tiga tahun terakhir yaitu tahun 2011, 2012, dan 2013 mengalami penurunan modal kerja, yang mana terlihat dari laporan perubahan modal kerja dan laporan sumber dan penggunaan modal kerja. Perhitungan rasio profitabilitas yang mencangkup ROA, ROE  mengalami kenaikkan, NPM, OPM mengalami fluktuatif, dan GPM mengalami penurunan. Pada perhitungan rasio likuiditas yang mencangkup Current Ratio, Cash Ratio, Quick Ratio mengalami fluktuatif. Berdasarkan analisis modal kerja koperasi pada pengelolaan kas sudah termanfaatkan dengan baik. Perputaran pada modal kerja koperasi sudah efektif sehingga pihak koperasi perlu mempertahankan.

Kata kunci: modal kerja, profitabilitas, likuiditas


Downloads

Published

2015-05-25

Issue

Section

Articles