ANALISIS PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada PT. PLN (Persero) Area Pasuruan periode 2010-2011)

Authors

  • Wenny Susilo Rahmawati Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  • Moch. Dzulkirom AR
  • Achmad Husaini

Abstract

Kebutuhan perusahaan akan pentingnya peranan manajemen strategi untuk merespon perubahan yang  terjadi dimasa depan serta menciptakan masa depan perusahaan yang unggul menghadapkan perusahaan pada penerapan metode pengukuran kinerja yang lengkap, seperti Balanced Scorecard. Balanced Scorecard memiliki empat perspektif yang merupakan satu kesatuan yang mempunyai hubungan saling keterkaitan antara satu dan lainnya serta berhubungan erat dengan misi dan strategi perusahaan yakni perspektif keuangan,  pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT. PLN (Persero) Area Pasuruan dengan penerapan  metode Balanced Scorecard periode tahun 2010-2011. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah PT. PLN (Persero) Area Pasuruan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan  Balanced Scorecard pada perusahaan sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya bobot angka PT. PLN (Persero) Area Pasuruan periode 2010 dan 2011 berdasarkan Keputusan Menteri BUMN No:KEP-100/MBU/2002 mengalami peningkatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan perusahaan. PT. PLN (Persero) Area Pasuruan agar lebih meningkatkan lagi kinerja pada semua perspektif untuk periode selanjutnya agar menjadi perusahaan yang berkualitas.   Kata Kunci: Balanced Scorecard, keuangan, pelanggan, bisnis proses, pembelajaran

Downloads

Published

2013-06-18

Issue

Section

Articles