PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP KEMANFAATAN, MINAT DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE (Studi Kasus pada Pengguna Situs Olx.co.id)
Abstract
This study aims to determine the effect of perceived usefulness, interest, and the use of e-commerce (case study on users Olx.co.id) and provide input to Olx.co.id for more attention to advertisements that do not giving complete information on goods or services they offer. Based on the research objectives, the method of analysis is to use quantitative analysis by distributing questionnaires to sellers/buyers (users) Olx.co.id. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. Sources of data in this study are primary data and secondary data, primary data used is by distributing online questionairs to the respondents, and secondary data used comes from reports, journals and archives relevant literatures. The analysis of data is using path analysis. The results showed that the ease of having a significant impact on the usefulness, interest, and the use of Olx.co.id simultaneously. Usefulness variables have the most dominant influence on the interest in using Olx.co.id.
Keyword: ease, usefulness, interest and use.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap kemanfaatan, minat dan penggunaan e-commerce. (studi kasus pada pengguna Olx.co.id) dan memberi saran untuk pihak Olx.co.id agar lebih memperhatikan iklan-iklan yang kurang lengkap dalam memberikan informasi barang atau jasa. Berdasarkan pada tujuan penelitian maka metode analisisnya adalah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pembeli/penjual pada Olx.co.id. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuisioner secara online kepada para responden, dan data sekunder yang digunakan yaitu berasal dari laporan-laporan, jurnal dan arsip literatur-literatur yang relevan. Analisis yang digunakan adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemanfaatan, minat dan penggunaan Olx.co.id secara simultan. Variabel kemanfaatan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat dan penggunaan Olx.co.id.
Kata Kunci: Kemudahan, Kemanfaatan, Minat dan Penggunaan