PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang)

Authors

  • Achmad Jamaludin

Abstract

This study aimed to determine the effect of online promotions and price perception on purchase decisions. Type of research is explanatory research or research explanation using hypothesis testing using a quantitative approach. Total population in this study amounted to 91 customers Aryka Shop. The sampling technique used in this research is to use a judgmental sampling technique. Analysis of the data used is descriptive statistics and multiple linear regression analysis. These results indicate that simultaneous independent variables Online Promotion and Perception Price significantly influence the dependent variable is the purchase decision.. Partially, it can be seen from the results of t-test showed that variables Online Promotion has a significance level of 0.000 <0.05 and perception of price variables has a significance level of 0.000 <0.05. Based on these calculations, it can be concluded that partial Online Promotion and Perception Price has a significant influence on the purchase decision. Meanwhile, descriptive analysis showed that with well doing online promotion, eating will increase the interest of someone for making purchasing decisions and as well as creating the perception that prices in accordance with the products on offer. Keywords: Online Promotion, Perceived Price, Purchase Decision Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 91 orang yang merupakan pelanggan Aryka Shop. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik judgmental sampling. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel bebas Promosi Online dan Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian. Secara parsial yang dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa variabel Promosi Online mempunyai tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel Persepsi Harga mempunyai tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara parsial Promosi Online dan Persepsi Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sementara itu, analisis deskriptif menunjukan bahwa dengan melakukan promosi online dengan baik, maka akan meningkatkan minat seseorang untuk melakukan keputusan pembelian dan serta menciptakan persepsi harga yang sesuai dengan produk yang di tawarkan. Kata kunci : Promosi Online, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2015-04-22

Issue

Section

Articles