PERANAN KERJASAMA TEAM ANTAR KARYAWAN BANQUET GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN OUT LET BANQUET PADA HOTEL KARTIKA GRAHA MALANG (Study Pada Hotel Kartika Graha Malang)

Authors

  • Wildan Aziz Mahmudi

Abstract

The aim of this study was to determine the various programs of work tasks, roles, and functions of the Banquet outlet at Hotel Kartika Graha Malang. The other aim was to know the problems faced by the Banquet outlet especially by a Supervisor at Hotel Kartika Graha Malang. This study used several methods to collect data such as the Observation method were done by direct observation of the object under study; Interview method were carried out with the question method and answer to get information from the parties related to the topics discussed; Documentation method with data collection through data-retrieval; and the last method was Research method data and literature were done by literature study. In the result of research got the role of teamwork in improving the best service to guests in the food and beverage department. Coordination and communication is very important for smooth performance among employees and between departments in a hotel because either directly or indirectly, will definitely need help from each other.

Keywords: outlet, observation , interview, documentation, literature

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui berbagai program kerja tugas, peran, dan fungsi outlet Banquet pada Hotel Kartika Graha Malang. Tujuan lainnya ialah untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh outlet Banquet khususnya oleh seorang Supervisor pada Hotel Kartika Graha Malang. Dalam penelitian ini digunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data seperti metode observasi yang dilakukan dengan pengamatan secara langsung terhadap obyek yang diteliti; Metode Wawancara dilakukan dengan tanya jawab untuk mendapatkan informasi dari pihak yang terkait dengan topik yang dibahas; Metode Dokumentasi dengan pengumpulan data melalui pengambilan data-data penelitian; dan metode terakhir adalah Metode Kepustakaan yang dilakukan dengan cara studi pustaka. Dalam penelitian dihasilkan bahwa peranan kerja sama team dalam meningkatkan pelayanan terbaik bagi tamu pada food and beverage department. Koordinasi dan komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi kelancaran kinerja antar karyawan maupun antar departemen sebab dalam suatu hotel baik secara langsung maupun tidak langsung pasti akan saling membutuhkan bantuan dari pihak lain.

Kata kunci : outlet, observasi,wawancara, dokumentasi, kepustakaan

Downloads

Published

2015-04-17

Issue

Section

Articles